Yamaha

Akan Balap Liar, 14 Bocah Diamankan Polisi di Yogyakarta

  Kamis, 04 Juni 2020   Fitria Rahmawati
Sejumlah remaja diamankan Polsek Pengasih sesaat sebelum melakukan aksi balap liar di Kulon Progo, Rabu (3/6/2020) malam. [Hiskia Andika Weadcaksana / SuaraJogja.id]

KULON PROGO, AYOJAKARTA.COM - Kanit Intelkam Polsek Pengasih, Iptu Joko Nugroho mengatakan, pihaknya mengamankan 14 remaja yang akan melakukan balap liar di kawasan Kalurahan Sidomulyo, Kapanewon Pengasih, Kulon Progo Yogyakarta,Rabu (3/6/2020) malam. Mereka beserta sembilan unit sepeda motor diamankan di ruas jalan Sidomulyo, tepatnya di dekat Lapangan Sidomulyo.

"Semalam ada belasan remaja yang rata-rata masih SMP diamankan. Semuanya masih di bawah umur dan tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM)," kata Joko, Kamis (4/06/2020).

Dijelaskan Joko, sepeda motor yang digunakan para remaja tersebut tak dilengkapi dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Bahkan beberapa motor sudah dimodifikasi sedimikian rupa hingga jauh seperti hasil pabrikan.

Selain dimintai keterangan di Mapolsek Pengasih sekaligus membuat surat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatannya. Orang tua para remaja tersebut juga turut diundang untuk memberi keterangan lebih lanjut.

"Kami meminta orang tua hadir ke mapolsek. Para orang tua ini kami minta untuk selalu mengawasi anaknya," ucapnya.

Joko menuturkan pengamanan ini merupakan langkah persuasif dari kepolisian sebagai sanksi atas tindakan para remaja ini. Pihaknya tak melakukan penyitaan kendaraan kali ini. Namun, jika dalam waktu yang akan datang pihaknya mendapat laporan yang sama, pihaknya tidak segan-segan memberi sanksi yang lebih berat.

"Nanti kalau diulang lagi akan kita beri sanksi yang lebih berat. Tidak hanya membahayakan diri sendiri tapi juga pengguna jalan dan mengganggu ketertiban lingkungan sekitar," tegasnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar