Yamaha

Atasi Virus Corona, India dan Tiongkok Lirik Obat Herbal

  Kamis, 04 Juni 2020   Budi Cahyono
Ilustrasi obat herbal (shutterstock)

INDIA, AYOJAKARTA.COM – Pandemi Covid-19 telah tersebar luas hampir di belahan bumi. Hingga saat ini, para ahli tengah meneliti dan menciptakan vaksin atau obat untuk melawan Covid-19.

Belum adanya vaksin yang mumpuni mengatasi serangan Covid-19, sejumlah orang pun beralih ke pengobatan tradisional atau obat herbal.

Khususnya India dan Tiongkok, negara berpenduduk padat dengan tradisi pengobatan tradisional memilih langkah ini untuk mengatasi pasien virus corona Covid-19.

Di India dengan 1,3 miliar penduduk, pemerintahnya menghadapi kritik setelah mengklaim beberapa perawatan tradisional mungkin bisa mencegah infeksi virus Covid-19.

AYO BACA : BPOM: Belum Ada Obat Herbal Sembuhkan Covid-19 Berizin

Sedangkan di Tiongkok, para pejabat mengklaim bahwa obat tradisional adalah kunci memerangi virus corona Covid-19 sejak awal pandemi.

Lalu di Venezuela, yang mana Presiden Nicolas Maduro memiliki konsumsi minuman teh herbal untuk perawatan kesehatan terkait virus Covid-19.

Tarik Jasarevic, juru bicara Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui bahwa banyak orang beralih ke pengobatan tradisional untuk mengurangi gejala virus corona Covid-19.

Tapi dilansir oleh The Oakland Press, WHO telah menyarankan semua orang untuk tidak mengonsumsi obat herbal dalam menangani virus corona Covid-19

AYO BACA : Bahan Obat Herbal, Jamur Susu Harimau asal NTT Laris di Pasar Global

Dr Mike Ryan, kepala kedaruratan WHO justru menerima penelitian ketat mengenai pengobatan alternatif. Mike Ryan mengatakan banyak penelitian yang sudah dilakukan di Tiongkok untuk menguji terapi tradisional.

"Jadi, orang yang mengklaim pengobatan tradisional ini biarkan memberikan buktinya," kata Dr Stephen Barrett, seorang pensiunan psikiater yang menjalankan Quackwatch.

Namun, Institut Kesehatan Nasional AS telah memeringatkan bahwa belum ada bukti tentang keamanan pengobatan tradisonal untuk mengobati dan mencegah virus corona.

Contohnya India, yang terkenal dengan Ayuverda, sistem pengobatan Hindu yang menggunakan bahan dasar herbal dan pembatasan makanan.

Saat wabah virus corona Covid-19 dari Tiongkok ini menyebar luas, badan kesehatan India mempromosikan pengobatan alternatif untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, meski belum terbukti.

Tetapi, pengobatan tradisional itu bukanlah solusi terbaik untuk mengatasi virus corona.

AYO BACA : Indonesia Kembangkan Obat Herbal untuk Jadi Vaksin Virus Korona

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar