Yamaha

Anies Klaim Kasus COVID-19 di Jakarta Sudah Bisa Dikendalikan

  Kamis, 04 Juni 2020   Khoirur Rozi
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (Nusantaratv)

GAMBIR, AYOJAKARTA.COM -- Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) DKI Jakarta diklaim berdampak positif terhadap penurunan kasus COVID-19. 
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mencatat, angka reproduksi (Rt) virus corona menurun signifikan semenjak pembatasan aktivitas publik.

"Terkait dengan Rt (reproduksi virus) dalam wabah ini yang Alhamdulillah turun terus. Sampai dengan kemarin hingga hari ini, nilai Rt di Jakarta ada di angka 0,99," kata Anies lewat telekonferensi pers dari Balai Kota Jakarta, Kamis (4/6/2020).

Lebih lanjut dia menjelaskan, Rt pada Maret awal masukknya COVID-19 ke Indonesia berada pada angka 4. Kemudian menurun secara signifikan selama periode Maret hingga April 2020. Menurut Anies, penurunan ini terjadi bahkan sebelum Jakarta menerapkan PSBB, namun sudah ada pembatasan aktivitas publik.

"Mengalami penurunan yang sangat drastis. Ini dilakukan sebelum PSBB. Jadi ketika PSBB tahap pertama dimulai pada 10 April, kemudian tahap kedua juga kita teruskan, angka yang paling drastis turunnya adalah di bulan Maret hingga April," ungkapnya.

Anies merincikan, angka Rt di level 4 berarti satu orang dapat menularkan virus kepada empat orang. Kemudian jika Rt 3, satu orang berpotensi menularkan tiga orang dan begitu seterusnya. Jika Rt di bawah 1, katanya, maka penularan COVID-19 sudah dapat dikendalikan.

"Bila di bawah 1 artinya sudah tidak menularkan, atau dengan kata lain selama nilai atau angka Rt di atas 1 maka wabah akan terus berkembang. Ketika r di bawah 1 wabah ini sudah terkendali," jelasnya.

Menurunnya angka penularan virus dinilai Anies berkat kerja sama seluruh komponen warga Jakarta yang mematuhi PSBB. Meski penularan sudah dapat dikendalikan, Anies mengingatkan bahwa wabah COVID-19 belum selesai. Masyarakat diminta tetap waspada dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

"Alhamdulillah di Jakarta di akhir Mei dan di awal Juni menunjukkan angkanya turun. Sampai 3 Juni angka Rt 0,99. Ini kerja kita semua yang membuat angkanya turun. Jadi dari angka ini Jakarta menunjukkan angka yang positif, tapi ini belum selesai," ujarnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar