Yamaha

Kapasitas Kantor Jakarta Dibatasi 50 Persen Selama Masa Transisi

  Kamis, 04 Juni 2020   Khoirur Rozi
Gubernur Anies Baswedan saat mengumumkan kelanjutan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) DKI Jakarta, Kamis (4/6/2020) di Balai Kota DKI Jakarta. (Dok. Pemprov DKI Jakarta)

GAMBIR, AYOJAKARTA.COM -- Aktivitas perkantoran di Jakarta dibuka kembali selama masa transisi yang telah ditetapkan Gubernur Anies Baswedan. Kegiatan perkantoran akan dimulai pada 8 Juni 2020 mendatang.

Adapun ketentuan yang harus dipatuhi di antaranya porsi karyawan yang bekerja di kantor hanya 50 persen. Sedangkan sisanya tetap bekerja dari rumah. Teknis pelaksanaannya dapat diatur perusahaan masing-masing.

"Dari 50% yang bekerja, kita mengharuskan dibagi sekurang-kurangnya 2 shift jam kerjanya, ada yang dimulai misalnya sebagai ilustrasi separuh dimulai jam 7 pagi, separuh dimulai jam 9 pagi. Supaya apa? Kedatangannya, masa istirahatnya, kepulangannya jumlahnya tidak terlalu banyak," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Kamis (4/6/2020).

Kebijakan pembatasan aktivitas kantor selama masa transisi ini guna mencegah adanya kerumunan orang. Menurut Anies, kerumunan orang bisa saja terjadi saat antre lift atau saat jam istirahat. Oleh karena itu perlu adanya pengaturan kapasitas pekerja yang dibatasi 50 persen.

"Intinya adalah separuh kapasitas, jaga jarak aman, dan itu semua rekayasa atas pergerakan orang dibuat agar bisa mencapai tujuan itu. Jadi detailnya nanti akan ada dalam peraturan. Tapi prinsipnya adalah kita memastikan semua pergerakan orang tidak meningkatkan risiko penularan," jelasnya.

Anies mengingatkan masa PSBB transisi ini jadi penentu untuk menuju kehidupan yang lebih aman dan sehat. Maka dari itu, kedisiplinan mengikuti semua protokol kesehatan jadi hal mutlak bagi setiap orang.

"Mari kita disiplin menjalankan PSBB masa transisi, komitmen yang tinggi atas kedisiplinan, dukung semua yang dikerjakan pemerintah untuk menangani COVID-19. Saling mendukung di antara kita, InsyaAllah penyebaran wabah akan terus bisa kita tekan dan insyaallah akan bisa terus kita tuntaskan," imbuhnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar