Yamaha

RPTRA Siap Dibuka Lagi, Ibu Hamil dan Lansia Dilarang Masuk

  Sabtu, 06 Juni 2020   Aldi Gultom
Suasana salah satu Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di Jakarta Pusat sebelum pandemi COVID-19. (Dok. Pemkot Jakpus)

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Setelah Gubernur DKI Jakarta menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi, fasilitas umum untuk warga akan dibuka bertahap.

Salah satunya adalah Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) yang akan segera dibuka mulai 13-14 Juni 2020.

Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Sudin Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Jakarta Pusat, Bagun menerangkan, pembukaan RPTRA sesuai arahan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Namun, pembukaan RPTRA tetap mengikuti protokol kesehatan yang ketat. 

"Saat ini Petunjuk Teknis (Juknis) tengah diproses Dinas PPAPP dan PKK Provinsi DKI Jakarta," terangnya kepada Sudin Kominfotik Jakpus.

AYO BACA : Ini Lengkapnya Jadwal Pembukaan Fase Pertama dan Kebijakan Khusus Per Sektor

Sebelum RPTRA dibuka lagi, sejumlah persiapan harus dilakukan, salah satunya adalah menyediakan sarana tempat cuci tangan di pintu masuk RPTRA. Sebab, setiap pengunjung wajib mencuci tangannya sebelum masuk ke RPTRA.

Dalam operasionalnya, pengelola wajib membersihkan RPTRA dengan disinfektan sebelum dan sesudah RPTRA digunakan. Selain itu, memberikan sosialisasi kepada warga sekitar RPTRA terkait physical distancing, mewajibkan penggunaan masker di dalam RPTRA, dan membatasi jumlah pengunjung 50 persen dari daya tampung RPTRA.

Bagun juga mengungkapkan bahwa pengelola berencana mengelompokkan pengunjung rentan COVID-19, seperti balita yang harus didampingi orang dewasa. Sedangkan ibu hamil dan lansia dilarang masuk RPTRA.

Rencananya, jam operasional RPTRA juga akan dibatasi mulai dari pukul 06.00 hingga 18.00 WIB.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar