Yamaha

Keuskupan Agung Jakarta Pastikan Besok Belum Ada Ibadah di Gereja

  Sabtu, 06 Juni 2020   Aldi Gultom
Gereja Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat. (shutterstock)

SAWAH BESAR, AYOJAKARTA.COM -- Salah satu kegiatan sosial yang boleh berjalan lagi di fase pertama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi adalah ibadah keagamaan.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengizinkan rumah ibadah mengggelar ibadah berjemaah yang bersifat rutin mulai Jumat (5/6/2020) kemarin. Berarti salat Jumat berjamaah di masjid dan ibadah kebaktian Minggu di gereja besok sudah boleh dilakukan lagi.

Namun, Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) menyatakan belum akan membuka gereja-gereja Katolik di Ibu Kota untuk Minggu (7/6/2020) besok, dikutip dari kantor berita Antara.

"Minggu ini pasti belum, karena dalam pembukaan ini kami menggunakan pendekatan yang konservatif. Kami mesti hati-hati serta cermat," jelas Sekretaris Jenderal KAJ, Romo Adi Prasojo, saat dihubungi Antara.

Ada tiga prinsip protokol kesehatan yang diterapkan secara umum di tempat-tempat ibadah. Pertama, jumlah peserta kegiatan ibadah maksimal 50 persen dari kapasitas normal. Kedua, jaga jarak 1 m antar orang. Ketiga, penyemprotan disinfektan sebelum dan sesudah ibadah rutin dilakukan.

KAJ membahas protokol kesehatan khusus dalam pembukaan kembali ibadah Minggu. Salah satunya, jumlah umat yang hadir ke gereja pada pembukaan pertama adalah sebesar 25 persen. 

Sementara, dalam protokol kesehatan yang dikeluarkan Pemprov DKI Jakarta, tempat ibadah diizinkan menampung orang dengan kapasitas maksimum sebesar 50 persen.

"Misalnya, dibuka 25 persen dulu. Kalaupun nanti dibuka, pasti bertahap, tidak langsung banyak. Tidak langsung, kami buka bertahap," jelas Romo Adi Prasojo.

Karena itu, bisa dipastikan bahwa ibadah misa secara daring atau live streaming masih tetap dilangsungkan dan dapat diakses masyarakat seperti biasa pada Minggu besok.

 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar