Yamaha

Motor Kena Ganjil-Genap Selama PSBB Transisi, Ojol dan Taksi Online Bebas

  Sabtu, 06 Juni 2020   Aldi Gultom
Ojol dengan Alat Pelindung Diri (APD) khusus beroperasi di masa PSBB Transisi DKI Jakarta. (Dok. pribadi Igun Wicaksono)

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Pengendara motor kena imbas Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi yang ditetapkan Pemprov DKI Jakarta selama Juni ini.

Selama masa transisi, pengendara motor juga harus mengikuti aturan pembatasan kendaraan lewat sistem ganjil-genap.

Aturan itu ada di dalam Pergub DKI Jakarta 51/2020 tentang Pelaksanaan PSBB Pada Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman dan Produktif, tepatnya di Pasal 17 Bab VI tentang Pengendalian Moda Transportasi. Pergub ini diteken Anies Baswedan pada 5 Juni 2020. 

"Kendaraaan bermotor pribadi berupa sepeda motor dan mobil beroperasi dengan prinsip ganjil genap pada kawasan pengendalian lalu lintas," dikutip dari isi Pergub, Sabtu (6/6/2020).

Dengan begitu, pengendara motor kini harus mematuhi aturan yang sama yang berlaku pada pengendara mobil. 

Motor dengan nomor belakang plat ganjil dilarang melintasi ruas jalan tertentu pada tanggal genap. Begitu pula sebaliknya.

Pengendalian lalu lintas dengan sistem ganjil genap itu dikecualikan untuk: kendaraan pimpinan lembaga tinggi negara, kendaraan pemadam kebakaran dan ambulans, kendaraan untuk memberikan pertolongan pada kecelakaan lalu lintas, kendaraan Pimpinan dan Pejabat Negara Asing serta Lembaga Internasional yang menjadi tamu negara.

Kemudian untuk kendaraan pejabat negara, kendaraan dinas operasional berplat dinas, kepolisian dan TNI, kendaraan yang membawa penyandang disabilitas, kendaraan angkutan umum, kendaraan angkutan barang.

Lalu, kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas kepolisian, seperti kendaraan Pengangkut Uang (Bank Indonesia, antar Bank, pengisian ATM) dengan pengawasan dan kepolisian.

Angkutan roda dua dan roda empat berbasis aplikasi yang memenuhi persyaratan berdasarkan Keputusan Kepala Dinas Perhubungan juga termasuk yang dikecualikan dalam aturan ganjil-genap selama masa PSBB transisi.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar