Yamaha

Meroket, Harga Bawang Merah Rp70 Ribu di Ambon

  Senin, 08 Juni 2020   Fitria Rahmawati
ilustrasi, pedagang bawang merah/ Suara.com

AMBON, AYOJAKARTA.COM - Belum ada alasan yang pasti mengapa para pedagang di pasar tradisional Kota Ambon menjual bawang merah dengan harga yang sangat tinggi. Padahal, stok bawang diklaim aman saat ini. Para penjual mengaku harga tersebut sudah dipatok mahal dari pemasok barang.

Seperti di pasar tradisional Batu merah, pasar Mardika, dan pasar Lama, Senin, para pedagang menawarkan harga bawang merah Rp70.000/Kg. Kondisi ini melambung, karena tiga hari sebelumnya, harga bawang merah dipatok Rp60.000/ Kg.

Sedangkan harga eceran bawang merah maupun bawang putih Rp 5.000/kantung plastik kecil, dan ada juga Rp 3.000/tumpuk.

Udin, pedagang pasar Mardika, ketika ditemui di lokasi penjualan mengatakan, harga bawang merah memang bergerak naik cukup tajam, sekarang ini menembus Rp 70.000/Kg, sebab kami beli dari agen pemasok harga masih kotor itu Rp 55.000/Kg, setelah dibersihkan dijual dengan harga Rp 70.000/Kg.

"Minggu masih ada pedagang yang menjual dengan harga Rp 68.000/Kg, karena mereka masih memiliki stok yang lama, namun rata-rata di pasar sebagian besar pedagang sudah mematok harga Rp 70.000/Kg," ujarnya.

Sekarang terserah para pembeli mau membeli dalam ukuran kiloan atau eceran yang dijual dengan harga Rp 5.000/kantung plastik kecil.

"Kalau bawang putih harga turun di tingkat agen pemasok karena itu di pasar juga ikut turun," ujarnya.

Hermina, pembeli yang terlihat bingung, ketika dikonfirmasi hanya mengatakan rasa heran saja, sebab stok bawang merah di pasar cukup banyak, namun harganya naik melambung hingga Rp 70.000/Kg, kalau bawang putih malahan turun.

"Hanya merasa heran saja, sebab tidak ada hari-hari besar keagamaan seperti biasanya kalau ada perayaan pasti harga kebutuhan pokok terutama bumbu masak seperti bawang ini naik, ternyata sekarang ini malahan berubah naik cukup mahal," ujarnya kesal.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar