Yamaha

Rupiah Menguat di Level Rp13.956

  Senin, 08 Juni 2020   Fitria Rahmawati
Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS terus menguat/ Suara.com

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM - Mengutip Bank Indonesia (BI) Senin (8/6/2020) kurs acuan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate/Jisdor tepat pukul 10:00 Wib rupiah menguat cukup signifikan sebesar 144 poin ke posisi Rp 13.956 dibandingkan posisi perdagangan sebelumnya di posisi Rp 14.100. Rupiah terpantau menguat 144 poin jika dibandingkan dengan hari sebelumnya.

Sedangkan data Bloomberg, nilai tukar rupiah bergerak menguat terhadap dolar AS di Rp 13.877 atau naik 217 poin (1,54%). Sementara sejak awal tahun (year to date), rupiah masih tertekan 0,09%.

Kepala Riset Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra memprediksi pergerakan nilai tukar rupiah pada awal pekan ini masih bisa menundukkan dolar AS.

Menurut pengamatannya, kemungkinan sentimen positif masih akan mendorong penguatan aset-aset berisiko.

Sentimen positif itu didorong dari data tenaga kerja AS, Non-Farm Payrolls dan tingkat pengangguran bulan Mei, yang dirilis Jumat malam, yang hasilnya di luar dugaan lebih bagus dari proyeksi, menjadi faktor pemicu baru pembelian aset-aset berisiko.

Data tenaga kerja AS yang lebih baik ini, lanjutnya, karena kebijakan AS yang sudah mulai membuka perekonomiannya meskipun masih terkena wabah.

Pasar pun masih berekspektasi positif terhadap upaya pembukaan ekonomi di negara-negara pandemi yang lain.

Di sisi lain, belum terjadinya ekskalasi ketegangan AS dan China kembali yang berpotensi juga membantu sentimen positif hari ini.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar