Yamaha

Orang Tua Perlu Pedoman untuk Mendampingi Anak Belajar di Rumah

  Senin, 08 Juni 2020   Budi Cahyono
ilustrasi belajar dari rumah .( shutterstock )

SEMARANG, AYOJAKARTA.COM -- Belajar di rumah menjadi alternatif dunia pendidikan di pandemi saat ini. Dalam penerapannya, pembelajaran dilakukan dengan konsep daring dan tak bertatap muka secara langsung.

Untuk menyukseskan proses belajar di rumah, peran orang tua sangat penting di dalamnya. Mengingat, anak tak lagi menghabiskan waktu di sekolah belajar didampingi guru secara langsung, melainkan harus didampingi oleh orang tuanya.

AYO BACA : PJJ Perlu Diperpanjang Demi Keselamatan Guru dan Murid

Pengamat Pendidikan, Ngasbun Egar mengatakan, sangat penting bagi orang tua diberikan pemahaman atau panduan bagaimana proses pembelajaran di rumah. Hal tersebut agar, semua proses belajar anak dapat diketahui secara utuh oleh orang tua.

"Saya kira penting, orang tua diberikan pedoman, baik secara lisan dibarengi secara tertulis bagaimana memastikan proses pembelajaran di rumah berjalan sesuai target dari guru di sekolah seperti apa," ujarnya, Senin (8/6/2020).

AYO BACA : Pemerintah Jangan Bahayakan Keselamatan Siswa, Tunda Saja Tahun Ajaran Baru ke Januari 2021

Ngasbun menambahkan, jika saat ini sekolah perlu menjalin hubungan yang proaktif dan harmonis dengan orang tua murid. Hal tersebut dimaksudkan untuk bersama-sama mengawal jalannya proses pembelajaran di rumah. 

"Di dalam panduan tersebut, bisa diberikan sejumlah informasi pembelajaran, bagaimana mekanisme belajar, bagaimana menerima tugas dan lainnya. Menurut saya, pembelajaran di rumah jangan sampai lepas dari ortu," katanya.

Meski demikian, tak dipungkiri belajar di rumah akan menambah repot orangtua di rumah. Hal tersebut pun menjadi perhatiannya.

"Kan tidak semua orang tua bisa memahami proses belajar mengajar, sehingga di sinilah sekolah harus proaktif dengan orang tua di rumah. Sehingga harapannya, proses belajar di rumah ini sekolah dan orang tua bisa terus mengawal anak di rumah," ucapnya. (Vedyana)

AYO BACA : Tahun Ajaran Baru di Saat Pandemi Persulit Ekonomi Orang Tua Murid

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar