Yamaha

Cara Mudah Kenalkan Keberagaman kepada Anak

  Senin, 08 Juni 2020   Budi Cahyono
[Ilustrasi] Orang tua dituntut mengajarkan anak untuk mengharga sesama. (dok)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM – Demontrasi besar-besaran di Amerika Serikat buntut atas kematian George Floyd masih terjadi. Gelombang aksi tersebut dipicu dugaan adanya rasisme pihak kepolisian saat menangkap Floyd.

Aksi protes atas tindakan diduga rasisme yang terjadi di Amerika belakangan ramai disiarkan media massa. Tak cuma orang dewasa, tentunya tayangan tersebut juga ditonton oleh anak-anak.

Hal ini tentu menimbulkan banyak pertanyaan dari si kecil, misalnya soal apa itu rasisme, dan mengapa menghargai sesama itu penting. Tak semua orang tua bisa dengan baik menjelaskannya.

Padahal mengajarkan anak untuk tumbuh dalam keberagaman dan menghargai sesama sangatlah penting. Terlebih kita hidup di Indonesia dnegan beragam suku, agama, ras, dan golongan.

Lantas, bagaimana menjelaskan kepada anak tentang rasisme, dan agar mereka lebih menghargai keberagaman?

Dilansir dari Verry Well Familly berikut ini rangkumannya:

Tidak Harus Mengajarkan Toleransi

AYO BACA : Massa George Floyd Nonmuslim Jadi Tameng Hidup saat Lindungi Jemaah Salat

Inilah hal yang indah tentang anak-anak: Sebagian besar dilahirkan dengan rasa keadilan dan kejujuran yang alami. Kecuali mereka diajari untuk menyakiti dan kejam, anak-anak tahu bahwa menyerang orang lain secara fisik atau dengan kata-kata adalah salah.

Yang harus kita lakukan adalah memelihara cinta alami orang-orang ini dan keluar dari jalan mereka.

Jangan Mencegah Anak Bertanya

Jika anak Anda memiliki pertanyaan tentang perbedaan karakteristik fisik atau praktik budaya, diskusikan secara terbuka.

Seorang anak usia sekolah mungkin bertanya tentang warna kulit seseorang atau mengapa beberapa orang yang berasal dari berbagai wilayah di dunia mungkin terlihat berbeda satu sama lain.

Anak-anak usia ini sedang belajar menyortir dan mengategorikan ketika mereka memperluas pengetahuan mereka tentang dunia, dan pertanyaan-pertanyaan seperti ini normal.

Mengajarkan Nilai Keragaman Ras dan Budaya

AYO BACA : Orang Tua Perlu Pedoman untuk Mendampingi Anak Belajar di Rumah

Anak sekolah dasar Anda akan belajar tentang budaya lain, baik dulu, maupun sekarang di kelas. Dia bahkan mungkin memiliki teman dan teman sekelas yang berasal dari latar belakang etnis atau ras yang berbeda.

Di rumah, Anda dapat menggunakan pelajaran ini sebagai peluang bagus untuk menekankan nilai keanekaragaman ras dan budaya.

Lihatlah Sikap Anda Sendiri

Jika Anda gelisah atau tidak nyaman di sekitar orang-orang dari latar belakang yang berbeda, anak Anda akan memahaminya.

Pertimbangkan cara Anda berbicara tentang orang lain. Apakah Anda mendeskripsikan seseorang berdasarkan rasnya daripada karakteristik lainnya terlebih dahulu? Pesan apa yang Anda berikan kepada anak-anak Anda melalui kata-kata dan tindakan sehari-hari Anda?

Diskusikan Gambar di Media

Kita hidup di zaman di mana ada lebih banyak keanekaragaman di media - di film, di televisi, di iklan - praktis di mana pun kita melihat.

Beberapa kurang diinginkan daripada yang lain

Diskusikan stereotip negatif dan tanyakan kepada siswa sekolah dasar Anda mengapa itu tidak adil atau salah. Bicara tentang apa itu rasisme dan bagaimana hal itu dapat berdampak negatif pada kehidupan kita.

AYO BACA : Prilly Latuconsina Ajak Lawan Rasisme di Seluruh Dunia

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar