Yamaha

Begini Suasana Pelayanan Tatap Muka di Kantor Kelurahan Tugu Selatan

  Senin, 08 Juni 2020   Aldi Gultom
Suasana pelayanan terpadu tatap muka di Kantor Kelurahan Tugu Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara. (Dok. Pemkot Jakut)

KOJA, AYOJAKARTA.COM -- Kantor-kantor Kelurahan di DKI Jakarta mulai aktif lagi seiring pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masa transisi sejak Jumat (5/6/2020).

Pelayanan terpadu secara tatap muka di kantor kelurahan mulai dibuka lagi setelah sekitar 2 bulan tidak dibuka akibat pandemi COVID-9. Tentu saja dengan mematuhi aturan protokol kesehatan. 

Seperti terjadi di kantor Kelurahan Tugu Selatan. Jumlah pemohon di dalam ruang pelayanan dibatasi. Selain itu, antara petugas dan pemohon di loket layanan disekat dengan lembar plastik transparan. Penggunaan masker dan kewajiban cuci tangan memakai sabun sebelum masuk ruang pelayanan menjadi syarat utama.

"Warga sudah mulai berdatangan ke kelurahan untuk mengurus berbagai keperluan seperti PM1, KTP, KK, KIA, akte kelahiran, surat kematian dan lain-lain. Namun, pelaksanaannya tetap mengacu pada protokol kesehatan agar terhindar dari penularan COVID-19," jelas Lurah Tugu Selatan, Sukarmin, kepada Tim Kominfotik Jakut, Senin (8/6/2020).

Jumlah warga yang berada di dalam ruang pelayanan terpadu benar-benar dibatasi, misalnya hanya 4 orang yang berada di ruang tunggu dan 2 orang di loket pelayanan. Selebihnya harus menunggu di luar ruangan duduk di kursi-kursi berjarak.

Pihaknya juga melibatkan Satpol PP Tugu Selatan untuk memastikan warga sudah memakai masker dan mengatur tempat duduk pemohon sesuai jarak aman. 

Sementara itu, Kepala Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kelurahan Tugu Selatan, Anggia S. Cawangie, menerangkan, jumlah kunjungan warga di hari kedua pembukaan pelayanan tatap muka lebih besar dari hari pertama. 

"Seperti halnya permohonan PM1 untuk keperluan nikah dalam satu hari bisa melayani 12 sampai 15 orang. Untuk mengurus perizinan dan non perizinan masih tetap menggunakan layanan online karena baru membuka layanan konsultasi," terang Anggia.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar