Yamaha

Bersepeda Kian Digemari, Jangan Lupa Protokol Kesehatan

  Selasa, 09 Juni 2020   Budi Cahyono
Komunitas Biscuit Semarang saat gowes bersama sebelum pandemi Covid-19 (dok)

SEMARANG, AYOJAKARTA.COM -- Saat ini, kegiatan bersepeda atau gowes menjadi kegiatan yang marak dilakukan di berbagai daerah, tak terkecuali di masyarakat Kota Semarang.

Ketua Komunitas Sepeda "Biscuit" Semarang, Agus Susilo mengatakan, meningkatnya kegiatan bersepeda di masyarakat saat ini merupakan hal yang positif.

Hal tersebut lantaran, bersepeda merupakan alternatif dalam kegiatan aktivitas fisik. Sehingga bisa membuat tubuh menjadi bugar.

"Saya kira salah satu faktor kenapa kegiatan bersepeda ini semakin banyak yang melakukan, karena kegiatan aktivitas fisik yang sebelumnya dilakukan masih belum bisa dilakukan di saat pandemi ini. Sehingga bersepeda jadi alternatif," ujarnya.

Agus menambahkan, ada hal yang menjadi perhatiannya. Dirinya khawatir jika bersepeda malah menjadi pengalihan kegiatan untuk berkerumun di kegiatan sebelumnya.

"Misal, sebelumnya seseorang itu sering nongkrong-nongkrong. Karena berkerumun atau nongkrong masih dilarang dipandemi ini, mereka malah melakukan nongkrong-nongkrong lewat kegiatan bersepeda ini. Ini yang saya kawatirkan," imbuhnya.

Menurutnya, untuk saat ini bersepeda diharapkan memfokuskan pada aktivitas fisiknya, bukan untuk berkerumun dulu. Mengingat saat ini, di Semarang masih diberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM).

"Lebih baik untuk fokus pada aktivitas fisiknya dulu, karena situasinya masih seperti ini. Bisa dengan kelompok kecil 4-5 orang, atau gowes mandiri," katanya.

Dirinya pun mengingatkan, bagi masyarakat yang ingin gowes atau bersepeda, harus tetap menerapkan protokol kesehatannya. Seperti tetap memakai masker, tak berkerumun, dan tetap menjaga jarak.

"Tetap harus diterapkan untuk protokol kesehatan ini. Bukan malah bersepeda hanya mengalihkan kegiatan sebelumnya saja," ucapnya. (Vedyana)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar