Yamaha

5 Hari PSBB Transisi, Kualitas Udara DKI Tidak Sehat

  Selasa, 09 Juni 2020   Hendy Dinata
Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat (Ayojakarta.com/Hendy Dinata)

MENTENG, AYOJAKARTA.COM -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan untuk memperpanjang status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sampai batas waktu yang belum ditentukan dengan sebutan PSBB masa transisi.

Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 51 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan PSBB pada Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman dan Produktif.

Anies mengklaim, jumlah kasus COVID-19 di DKI sudah menurun, bahkan zero di sejumlah wilayah. Meski begitu, masih ada beberapa wilayah di Jakarta yang masuk kategori zona merah. Untuk itu, PSBB transisi dianggap menjadi pilihan terbaik.

Sejumlah aktivitas sosial dan ekonomi pun mengalami kelonggaran dalam PSBB transisi. Selain itu, Pemprov DKI secara bertahap juga akan membuka kembali rumah ibadah, pusat perbelanjaan, tempat hiburan dan pariwisata, hingga perkantoran dengan sejumlah syarat yang telah disiapkan.

Alhasil, ruas jalan protokol di wilayah DKI Jakarta mulai beberapa hari ini kembali padat dan terjadi kemacetan. Begitu juga kondisi di sejumlah ruas jalan bebas hambatan yang kembali padat merayap bila pagi dan sore hari datang.

Pantauan Ayojakarta.com di kawasan perkantoran di Jalan Jenderal Sudirman-M.H Thamrin, Jakarta Pusat, pada Selasa (9/6/2020), sebagian gedung mulai kembali beroperasi.

Kepadatan tersebut mengakibatkan kualitas udara di Jakarta berada di level tidak sehat. Berdasarkan data terakhir dari laman Air Visual, kadar air quality index (AQI) berada di angka 165 dengan polutan utama berjenis PM2.5.

Air Visual menyarankan agar batasi aktivitas di luar, menutup jendela agar terhindar udara kotor, menggunakan masker hingga menyalakan pembersih udara (air purifier). 

Suhu Jakarta pada waktu yang sama adalah 26°C dengan kelembaban 88 persen dan tekanan udara 1009 mb.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar