Yamaha

Tips Bersepeda untuk Pemula yang Harus Diperhatikan

  Selasa, 09 Juni 2020   Budi Cahyono
Tips bersepeda bagi pemula (dok)

SEMARANG, AYOJAKARTA.COM -- Bagi pesepeda pemula atau biasa disebut newbie, atau yang baru ingin mencicipi nikmatnya gowes, nampaknya perlu memperhatikan beberapa hal. Salah satunya pemilihan sepeda yang digunakan untuk bersepeda.

Anggota Komunitas Sepeda "Biscuit" Semarang, Prahayuda Febrianto mengatakan, ada beberapa tipe sepeda yang sering digunakan gowes di Semarang.

"Memang tipe sepeda sebenarnya banyak, tapi untuk yang sering dipakai itu, sepeda lipat, road bike, sepeda gunung. Tapi yang lagi hit dan paling banyak saat ini saya rasa yang sepeda lipat," ujarnya, Rabu (9/6/2020).

Yuda, sapaanya, menambahkan, jika pemilihan sepeda untuk gowes bagi pemula nggak mesti harus membeli yang mahal. "Yang penting nyaman dan sesuai fungsinya. Nggak perlu yang mahal-mahal dulu. Toh juga tujuannya inti buat gowes," imbuhnya.

Bagi pesepeda pemula, dirinya mengingatkan agar tidak memaksakan diri dalam gowes. Jika dirasa sudah lelah lebih baik untuk beristirahat terlebih dahulu untuk mengembalikan tenaga. "Gowes itu selain untuk aktivitas fisik juga mencari kesenangan. Jadi gowes itu harus happy," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Biscuit Semarang, Agus Susilo menerangkan, jika tidak ada perlakuan khusus dalam perawatan sepeda. Menurutnya, perawatan sepeda sangat sederhana dan mudah dilakukan.

"Kalau saya merawat sepeda itu ya dengan menggunakannya untuk bersepedaan. Karena dengan kita menggunakannya, kita akan tahu di mana kondisi yang kurang maksimal. Contohnya, eh ternyata ban kempes, kampas rem mulai kurang dan sebagainya," katanya.

Menurutnya, jika semahal apa pun sepeda jika tidak digunakan secara rutin untuk bersepeda, malah akan rusak dengan sendirinya. 

"Karena jika sepeda itu nggak digunakan bersepeda, ban kadang kempes sendiri, rantainya kering. Pas dipakai malah akan membuat rusak sepedanya," tambahnya. (Vedyana)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar