Yamaha

Pengemudi Ojol Mengaku Sulit Dapat Penumpang

  Selasa, 09 Juni 2020   Khoirur Rozi
[ilustrasi] Pengemudi ojol mengaku sulit dapat penumpang saat PSBB transisi. (dok Ayobandung)

KEBAYORAN LAMA, AYOJAKARTA.COM -- Pengemudi ojek online (ojol) sudah boleh membawa penumpang selama masa PSBB transisi di Jakarta. Namun, perubahan aturan ini ternyata belum berdampak signifikan terhadap penghasilan para pengemudi.

Salah seorang pengemudi ojol, Maman (42) mengaku masih kesulitan mendapatkan penumpang. Hingga pukul 14.00 WIB, dirinya baru mendapatkan empat penumpang. Padahal Maman mulai mengaktifkan aplikasinya sejak jam berangkat kantor.

AYO BACA : PSBB Proporsional, Ojol di Depok Dilarang Angkut Penumpang hingga 2 Juli 2020

"Baru empat (penumpang). Keluar rumah sudah dari pagi pas orang berangkat kantor. Enggak tau ini kenapa, saya sudah mutar-mutar padahal, tapi susah orderan," ungkap Maman saat ditemui di sekitar Mall Gandaria City, Jakarta Selatan, Selasa (9/6/3/2020).

Maman mengatakan, sepinya order membuat dirinya harus menambah jam kerja untuk memenuhi target pendapatan. Rencananya dia akan beroperasi hingga pukul 21.00 WIB dan berharap mendapatkan lebih banyak order.

AYO BACA : Ojol di Bogor Dinilai Berisiko Angkut Penumpang

"Mau enggak mau sampe malam kalau begini. Pulang juga enggak bawa duit buat apa, kasian anak istri. Siapa tau nanti jam pulang kerja banyak orderan, jauh dekat (jaraknya) saya bawa aja," ujarnya.

Hal serupa juga diungkapkan Tatang (39) yang sejak pagi baru mendapatkan lima order. Dari lima order, tiga di antaranya mengantar makanan sementara sisanya membawa penumpang. Jarak antar pun menurutnya terbilang dekat sehingga memengaruhi ongkos yang didapat.

"Kebanyakan order makanan yang masuk. Kalau saya lebih suka bawa penumpang sebetulnya, lebih cepat. Kalau makanan harus tunggu dulu tuh. Kalau bawa orang kan langsung antar," ujarnya.

Keduanya tampak sudah mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan handsanitizer. Bahkan Tatang membawa dua buah masker kain sebagai cadangan. Saat mendapatkan order penumpang, mereka meminta untuk membawa helm sendiri agar lebih aman.

AYO BACA : Pengamat: Sistem Ganjil-Genap Kendaraan Berlawanan dengan PSBB Transisi

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar