Yamaha

Cegah Covid-19, Pedagang Pasar di Jakarta Akan Dibekali Pelindung Wajah

  Kamis, 11 Juni 2020   Khoirur Rozi
[Ilustrasi] Pedagang pasar tradisional di Jakarta akan dibekali masker dan pelindung wajah atau face shield saat bertransaksi. (dok)

GAMBIR, AYOJAKARTA.COM --Pedagang pasar tradisional di Jakarta akan dibekali masker dan pelindung wajah atau face shield saat bertransaksi. Wacana ini setelah ditemukan 52 pedagang pasar positif Covid-19 dari pemeriksaan swab. 

Hal itu disampaikan Direktur Utama PD Pasar Jaya, Arief Nasrudin dalam telekonferensi pers di Jakarta. Menurut Arief, pelindung wajah diberikan sebagai upaya untuk mencegah penularan Covid-19 saat aktivitas jual-beli di pasar.

"Pedagang kita bekali dengan face shield sehingga mereka saat melakukan pelayanan tidak ada transmisi virus. Jadi ada proteksi diri untuk mereka," kata Arief, Kamis (11/6/2020).

Selain pedagang, protokol kesehatan ketat juga ditekankan kepada pengunjung. Setiap pengunjung wajib menggunakan masker selama berbelanja di pasar. Jika melanggar, pengunjung akan diminta secara paksa untuk keluar dari pasar.

"Ada gugus tugas Covid-19 di pasar, mereka keliling untuk memeriksa protokol kesehatan. Jadi bagi konsumen yang melanggar protap kita, terpaksa sanksinya kita keluarkan dari pasar. Misalnya ada pengunjung yang maskernya cuma dikalungin. Pilihannya dua, pakai masker dengan benar atau keluar dari pasar," tegasnya.

Arief juga akan menambah fasilitas cuci tangan di pasar-pasar agar masyarakat terbiasa dengan hidup bersih. Semua upaya ini menurutnya untuk mencegah penularan virus lebih masif di pasar tradisional.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar