Yamaha

Pasar Rawasari Jakpus Ditutup

  Jumat, 12 Juni 2020   Fitria Rahmawati
Penampakan kondisi Pasar Rawa Kerbau atau Rawasari, Cempaka Putih setelah ditutup karena belasan pedagang tertular Corona. (Suara.com/Arga).

RAWASARI, AYOJAKARTA.COM - Pasar Rawasari atau Pasar Rawa Kebo di Jakarta Pusat ditutup selama tiga hari yang sudah dimulai Kamis (11/6/2020) kemarin. Itu dilakukan karena ada 14 orang di pasar tersebut yang sebagian merupakan pedagang terjangkit Covid-19.

Lurah Cempaka Putih Andri Ferdian mengatakan, selama penutupan, pihaknya akan melakukan penataan protokol kesehatan di pasar tersebut.

"Iya benar (ditutup). Demikian yang diharapkan dalam rangka memutuskan mata rantai penyebaran," kata Andri saat dihubungi Suara.com - jaringan Ayojakarta.com, Jumat (12/6/2020) siang.

Selama proses penataan ulang protokol kesehatan, lanjutnya, para pedagang praktis tidak berjualan di pasar tersebut.

"Saat ini kami bersama lintas sektor sedang menata ulang penerapan protokol kesehatan di pasar tersebut. Untuk waktu selama dibutuhkan dalam penata ulang protokol kesehatan, par pedagang tidak berjualan dulu," sambungnya.

Pantauan Suara.com pada Jumat (12/6/2020) pagi, seluruh kios yang berada di pasar tersebut tutup. Berdasarkan pengamatan mata dari bagian belakang pasar, terpampang sebuah banner pemberitahuan ihwal ditutupnya pasar.

AYO BACA : 14 Pedagang di Pasar Rawasari Jakpus Positif Covid-19

"Dalam rangka pandemi Covid-19, Pasar Rawasari ditutup sementara selama tiga hari untuk dilakukan penataan ulang protokol kesehatan Covid-19. Atas perhatiannya, diucapkan terimakasih," demikian tulisan dalam banner yang dipasang oleh Kelurahan Cempaka Putih Timur.

Saat ini, akses masuk dari bagian depan pasar sudah ditutup. Terlihat juga beberapa petugas Satpol PP berjaga di depan pintu masuk Pasar Rawasari.

Suara.com juga berkesampatan berkeliling di dalam Pasar Rawasari. Melalui pintu belakang, kami akhirnya dapat menyaksikan kekosongan pasar saat ini.

Seluruh kios tampak ditutup oleh para pedagang. Misalnya saja kios penjualan daging, ikan segar, serta kebutuhan pokok lainnya.

Diketahui, Sebanyak 14 pedagang di Pasar Rawa Kerbau Cempaka Putih terkonfirmasi positif Covid-19 usai menjalani tes usap pada Kamis (5/6), Jumat (6/6) dan Senin (8/6). Pemeriksaan dilakukan oleh petugas medis dari Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih.

Jumlah kasus terkonfirmasi itu berasal dari dari total 522 pedagang di Pasar Rawa Kerbau. Tercatat 202 pedagang telah menjalani tes usap.

Para pedagang itu berdomisili di Cempaka Putih dan di luar Cempaka Putih yang terkonfirmasi positif COVID-19 rata-rata merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG) dan selanjutnya menjalani isolasi mandiri.

AYO BACA : 14 Pedagang Positif Covid-19, Tiga Pasar di Cempaka Putih Gelar Tes Swab

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar