Yamaha

Psikis Seseorang Pengaruhi Proses Healing dalam Diri

  Jumat, 12 Juni 2020   Budi Cahyono
Praktisi self healing Semarang, Holiwati Sukamdi (ayosemarang.com/Vedyana)

SEMARANG, AYOJAKARTA.COM -- Seseorang yang memiliki psikis atau mental yang tidak sehat, secara cepat atau lambat hal tersebut akan berdampak terhadap kondisi fisiknya.

Sehingga, sangat penting untuk terus menjaga kesehatan psikis. Kesehatan mental memiliki peranan yang besar dalam kehidupan seseorang untuk bagaimana mengelola perasaan dan menghadapi kesulitan sehari-hari.

AYO BACA : Tips Bersepeda untuk Pemula yang Harus Diperhatikan

Praktisi self healing Semarang, Holiwati Sukamdi mengatakan, dalam proses healing, sangat penting bagai seseorang untuk menyembuhkan gangguan psiskisnya terlebih dahulu dari muatan-muatan negatif yang malah menjadi beban.

"Stres, tidak bahagia, kekecewaan, dendam, itu adalah beberapa dari sekian banyak hal negatif yang memengaruhi psikis atau mental. Maka dari itu, untuk healing, hal tersebut seharusnya dihilangkan terlebih dahulu. Karena jika psikis kita sehat, proses penyembuhan akan mudah," ujarnya kepada Ayosemarang, Jumat (12/6/2020).

AYO BACA : Pahami Kondisi Hiperkapnia Saat Mengenakan Masker

Dalam healing, perlu menyadari secara sadar untuk mengambil 100% tanggung jawab dari apa-apa yang terjadi di kehidupan tanpa menyalahkan diri sendiri dan orang lain. Setelah itu, hal-hal tersebut harus dirilis atau dilepas tanpa adanya muatan emosional.

"Terkadang orang itu secara lisan dia ikhlas menerima atau menganggap apa-apa yang terjadi, tapi secara batinnya masih mengganjal dan bahkan ada muatan emosionalnya. Itu namanya belum merilis masalahnya secara psikis. Dan tentu tidak akan maksimal jika untuk healing," imbuhnya.

Holiwati mengungkapkan jika saat ini masih banyak orang yang belum tahu pentingnya menjaga kesehatan psikis. Sehingga masih banyak orang untuk bawah sadarnya banyak didominasi kaitannya dengan emosional yang dipengaruhi hal yang bermuatan negatif.

"Contoh misalnya, jika sesorang itu pernah mengalami kekecewaan dari perlakukan orang lain, dan dibatinnya dia merasa senang jika ada kejadian yang tidak menyenangkan terjadi kepada orang yang membuat kita kecewa itu. Seperti itu sebenarnya kita masih memiliki dendam, dan itu nggak baik untuk psikis," ungkapnya.

Menurutnya, seseorang itu ibarat magnet, di mana pikiran dari seseorang tersbut akan menarik sesuatu positif maupun negatif kepada dirinya. Jika seseorang memiliki pikiran yang negatif, maka suatu hal negatiflah yang akan dia dapat. Dan itu berlaku juga semisal orang itu memiliki pikiran yang positif. "Jadi menjaga agar tetap happy atau bahagia itu penting untuk menjaga psikis seseorang," katanya. (Vedyana)

AYO BACA : Jangan Berpikir Negatif Terus, Bisa Sebabkan Dimensia

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar