Yamaha

Menguat Tipis, Rupiah di Level Rp 14.228

  Senin, 15 Juni 2020   Fitria Rahmawati
Rupiah menguat tipis pada Senin (15/6/2020) di level Rp 14.228 / Suara.com

TEBET, AYOJAKARTA.COM - Mengutip Bank Indonesia (BI) kurs acuan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate/Jisdor nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada awal pekan ini Senin (15/6/2020) berhasil menguat di level Rp 14.257. Kondisi ini membuat rupiah naik 29 poin dari sebelumnya.

Sedangkan data Bloomberg, nilai tukar rupiah hari ini terpantau bergerak melemah terhadap dolar AS di Rp 14.133 atau turun 113 poin. Sementara sejak awal tahun (year to date), rupiah masih tertekan 1,93%.

Kepala Riset Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra, memprediksi pergerakan nilai tukar rupiah pada awal pekan ini akan loyo terhadap dolar AS. Pasalnya banyak pemodal yang mengkhawatirkan akan adanya virus corona gelombang kedua seperti di negara yang sudah melonggarkan kegiatan ekonomi.

Selain itu, lanjut Ariston, pasar juga merespon negatif pernyataan Bank Sentral AS pada Kamis dinihari lalu yang pesimis ekonomi global akan cepat pulih pasca pandemi.

The Fed mengatakan masih akan memberikan stimulus ke perekonomian hingga 2022. Hari ini, sentimen negatif di atas bisa berlanjut. Nilai tukar rupiah bisa melemah lagi terhadap dolar AS.

Sementara itu, neraca perdagangan Indonesia diproyeksikan banyak analis akan mengalami sedikit surplus. Tapi di sisi lain, pasar juga melihat akan ada penurunan aktivitas export dan Import di bulan Mei yang cukup dalam dibandingkan bulan yang sama tahun lalu karena wabah.

Jadi mungkin surplus yang kecil ini tidak terlalu mempengaruhi rupiah karena data perdagangan juga menunjukkan penurunan aktivitas.

"Potensi pergerakan rupiah Senin, Rp 14.050 - Rp 14.300," kata Ariston.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar