Yamaha

Pelanggan Tiket.com Keluhkan Proses Refund yang Tidak Jelas

  Selasa, 16 Juni 2020   Aldi Gultom
Ilustrasi (tiket.com)

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Keluhan konsumen atas lambannya pengembalian dana tiket pesawat imbas pandemi COVID-19 masih terjadi.  

Setelah terjadi pembatasan perjalanan akibat pandemi, agen-agen perjalanan pasti kebanjiran permintaan refund dari para konsumennya. Termasuk online travel agent ternama yaitu tiket.com. 

Berdasarkan pantauan redaksi di media sosial Twitter, Tiket.com terus menuai protes dari para pelanggannya terkait lambannya penanganan permintaan pengembalian dana. 

Contohnya salah satu pelanggan tiket.com yang sudah hampir 3 bulan menunggu pengembalian dana tanpa kepastian. 

"Kami ada pesan tiket untuk menghadiri pernikahan saudara, yang akibat pandemi diundur dari bulan April menjadi September. Kami sudah masukkan permintaan refund ke tiket.com dari tanggal 27 Maret 2020 tapi pengembaliannya baru dilakukan bertahap pada 31 Mei dan 4 Juni," ujar pria berprofesi pegawai swasta, yang namanya enggan disebutkan, kepada redaksi, Selasa (16/6/2020).

Dia sudah menanyakan perihal permintaan refund-nya ke maskapai Citilink. Pihak maskapai mengaku sudah mengembalikan dana dalam bentuk uang bukan voucher sejak tanggal 3 April 2020. Sementara jawaban dari pihak tiket.com, baik ketika dihubungi lewat telepon dan email, berkali-kali "masih dalam proses". 

"Malah pernah kami pakai dua telepon agar call center agen tiket.com dengar langsung dari call center Citilink bahwa tiket kami sudah direfund dalam bentuk uang sejak 3 April. Itu kami rekam. Soalnya sudah pengalaman berkali-kali telepon hanya dibilang akan dicek," ungkapnya.

Anehnya, tiket.com seolah tidak satu suara mengenai pengembalian dana ini. Ketika ia mengecek ke pihak tiket.com pada 7 Juni 2020, ia mendapatkan jawaban bahwa permintaan refund masih diproses. Email protes yang dikirimnya pada 11 Juni pun dibalas dengan jawaban sama, bahwa refund masih dalam proses.

Ia baru mengetahui refund sudah dilakukan pada 31 Mei dan 4 Juni 2020 setelah menerima email dari pihak tiket.com pada Selasa sore 16 Juni 2020.

April lalu, tiket.com sempat mengirimkan keterangan resminya kepada sejumlah media massa terkait pengembalian dana. Intinya, tiket.com meminta para pelanggannya yang telah membeli dan memiliki tiket pesawat atau booking hotel untuk tidak perlu khawatir karena tiket.com akan membantu semua pengajuan pengembalian dana.  

Hanya saja, platform pemesanan tiket online ini meminta penggunanya untuk bersabar dalam menunggu respons dari tim Customer Care. Alasannya, permintaan bantuan yang masuk ke Customer Care mengalami lonjakan yang sangat signifikan akibat pandemi COVID-19. 

Sampai hari ini di Twitter, akun tiket.com pun menjadi bulan-bulanan pelanggannya yang menantikan kepastian proses refund. Di antara mereka ada yang sudah menunggu hampir 3 bulan tapi tidak kunjung ada kejelasan.

"@tiket pengajuan refund tgl 29 maret 2020. Sampai skrng tidak ada kejelasan.. asli lah udh hampir 3 bln cuy, bentar lg tiket gw hangus..bagaimana ini min? Pesan buat yg lain: Ga usah pake agen ini, after sales parah!! mending agen yg sebelah aja lbh jelas!" tulis akun @Boeerrr, pada Selasa (16/6/2020).

"Jangan berkali kali alasannya maskapai refund dalam bentuk voicher deh @tiket kenyataannya saya hub maskapai mereka bilang sudah trf FULL ke agent. Tolong dibantu ya @tiket. saya gamau mara mara tapi saya butuh uang bukan voucher. Beli beras sama telor gabisa pake voucher. Thanks," tulis akun @KarinaDemastiti.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar