Yamaha

Tips Aman Naik KRL dari Dokter Edward

  Rabu, 17 Juni 2020   Fitria Rahmawati
Dokter Spesialis Penyakit Dalam Junior Doctor Network Edward Faisal / instagram: @edwardfaisalmd

RAWASARI, AYOJAKARTA.COM - Dokter Spesialis Penyakit Dalam Junior Doctor Network Edward Faisal memberikan tips aman bagi penumpang kereta rel listrik (KRL). Moda transportasi ini masih menjadi primadona bagi masyarakat untuk melakukan kegiatan ekonomi.

"Pertama harus berpikir positif, kemudian gunakan alat perlindungan diri (APD), jangan lupakan masker wajah, hand sanitizer meski sebaiknya pakai sabun dan air mengalir. Kemudian ikuti aturan yang ada di stasiun kereta api yang sebetulnya sudah disosialisasikan," ujarnya saat konferensi pers virtual bertema Rombongan Kereta Mantul yang Santuy Antre dan Anti Kuman, di akun youtube Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Rabu (17/6/2020).

AYO BACA : Tips Aman Berbelanja di Pasar Tradisional ala Dokter Reisa “Pemersatu Bangsa”

Edward juga menjelaskan pengecekan suhu tubuh calon penumpang KRL akan dilakukan saat akan memasuki area KRL. Jika suhunya diatas 37,3 derajat celcius maka akan dipantau dan dicek oleh petugas stasiun setiap lima menit. Kemudian setelah masuk akan disediakan tempat cuci tangan.

Ia juga meningatkan kepada calon penumpang agar tetap jaga jarak saat mengantre di stasiun. Apalagi di stasiun dan di dalam gerbong udah dilengkapi tanda silang untuk mengatur jarak antarpenumpang.

AYO BACA : Tips Bersepeda untuk Pemula yang Harus Diperhatikan

"Jadi walau Anda bersama dengan keluarga, duduknya harus dipisah," katanya.

Ia juga mengingatkan tak semua orang bisa naik KRL. Hanya orang dewasa yang produktif yang bisa naik dan yang tidak disarankan adalah balita dan lanjut usia.

"Mengapa? Karena mereka (dua kelompok umur ini) rentan sekali untuk terinfeksi. Tetapi ada catatan dari KRL bahwa lansia boleh naik KRL antara pukul 10.00 sampai jam 14.00," katanya.

AYO BACA : Imbauan Dokter Reisa Soal Peggunaan Masker

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar