Yamaha

Shopee Luncurkan Dukungan Pemulihan Ekonomi Nasional, Menyasar Pelaku UMKM

  Jumat, 19 Juni 2020   Widya Victoria
Ilustrasi platform Shopee

TEBET, AYOJAKARTA.COM --  Shopee, platform e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, meluncurkan bantuan ekonomi bagi para pihak terdampak melalui program ‘Dukungan Pemulihan Ekonomi Nasional Shopee’. 

Program bantuan ekonomi ini utamanya menyasar para pelaku UMKM di seluruh Indonesia sebagai sektor yang terkena dampak paling berat di tengah pandemi saat ini. Mengingat bantuan ekonomi sangat diperlukan sebagai bagian krusial dari penanganan COVID-19, Shopee turut ambil peran untuk mendukung Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2020 (PP 23/2020) tentang Pelaksanaan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). 

"Program bantuan ‘Dukungan Pemulihan Ekonomi Nasional Shopee’ ini merupakan komitmen lanjutan kami setelah sebelumnya merilis program stimulus Dukungan COVID-19 100M Shopee. Program ini telah kami kurasi agar dapat menjawab kebutuhan utama dari para pelaku terdampak di masa pemulihan ekonomi ini," kata Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja dalam siaran pers, Jumat (19/6/2020).

Selain menyediakan bunga pinjaman spesial dan stimulus modal, jelas Handhika, Shopee juga turut menyertakan inisiatif ekspor untuk terus memperluas jangkauan mitra penjual UMKM-nya. 

"Kami harap, bantuan ekonomi ini dapat tepat guna dan membantu sektor UMKM secara signifikan di tengah situasi pandemi," imbuhnya. 

Sejalan dengan skema PEN yang telah ditetapkan, Dukungan Pemulihan Ekonomi Nasional Shopee mencakup detail berikut ini:

1. Shopee bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk menyediakan bunga pinjaman spesial kepada lebih dari 10.000 UMKM
Kerja sama ini dapat memudahkan para pelaku UMKM untuk mengakses bantuan modal dengan meminimalisir banyaknya persyaratan administrasi.

2. Shopee akan membantu 20.000 UMKM lokal untuk mengekspor produk ke Malaysia dan Singapura
 
Mulai dari bulan April lalu, Shopee telah kembali mengembangkan program ekspor “Kreasi Nusantara: Dari Lokal untuk Global” yang telah sukses mengekspor 5.000 produk produk lokal ke Malaysia dan Singapura.

Program ekspor ini dikembangkan lagi untuk membantu 20.000 UMKM menumbuhkan dan memperluas jangkauan bisnis mereka di pasar global, dan Shopee akan terus membuka kesempatan bagi para UMKM terpilih ke depannya melalui program ‘Dukungan Pemulihan Ekonomi Nasional Shopee’ ini.

3. Shopee alokasikan Rp 17 miliar untuk meningkatkan transaksi UMKM lokal dan para pengguna

Melalui program ‘Dukungan Pemulihan Ekonomi Nasional Shopee’, Shopee kembali memberikan dukungan untuk penjual dalam bentuk voucher toko, keringanan biaya layanan, dan kredit iklan. Langkah-langkah dukungan ini bertujuan untuk menjaga roda ekonomi tetap berputar dengan meringankan biaya operasional untuk UKM dan penjual, yang juga dapat diharapkan untuk bantu mendorong konsumsi di kalangan masyarakat Indonesia:

a. Untuk pelaku UMKM

i. Subsidi voucher toko untuk penjual baru agar membantu para pelaku UMKM baru di Shopee mempromosikan toko mereka dan mendapatkan konsumen
ii. Keringanan biaya layanan untuk semua penjual agar dapat membantu menurunkan biaya operasi dan menjaga pertumbuhan yang stabil untuk bisnis online mereka
iii. Subsidi kredit iklan untuk meningkatkan visibilitas toko dan produk

b. Untuk Pembeli

i. Promo cashback dan voucher di puncak kampanye 7.7 Pesta Diskon Supermarket
ii. Voucher khusus Gratis Ongkir di ShopeeMart untuk membantu para pengguna dapat memenuhi kebutuhan penting mereka dari rumah secara lebih terjangkau
iii. Berbagai hadiah menarik dengan bermain games di aplikasi Shopee

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar