Yamaha

Kelirumologi Pukul-Rataisme

  Sabtu, 20 Juni 2020   
Jaya Suprana

Protes anti-rasisme di Amerika Serikat (AS) telah menjalar ke beberapa negara lain.  

Israel

Di Israel, ribuan warga berunjuk-ras bukan hanya untuk protes atas pembinasaan George Floyd, namun juga menentang rencana aneksasi Tepi Barat oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. 

Dengan masker dan aturan jaga jarak, yang tidak selalu dipatuhi, para demonstran turun ke jalan sambil mengibarkan bendera Palestina dan Israel. Para unjuk-rasawan juga membawa spanduk bertuliskan "Palestinian Lives Matter". Slogan tersebut terinspirasi "Black Lives Matter" yang digunakan dalam protes anti-rasisme di AS . 

Anti Israel

Demonstrasi anti Israel di Israel juga telah mendapat perhatian mantan capres AS dari Partai Demokrat, Senator Bernie Sanders. 

"Tidak pernah lebih penting untuk membela keadilan, dan untuk memperjuangkan masa depan yang kita semua pantas dapatkan," kata Sanders dalam sebuah video seperti dikutip Reuters

"Terserah kita semua untuk berdiri di hadapan para pemimpin otoriter dan membangun masa depan yang damai bagi setiap warga Palestina dan setiap warga Israel,".  

Berdasarkan hasil jajak pendapat, minimal  50% warga Israel memang menentang rencana Netanyahu untuk menganeksasi Tepi Barat yang dihuni oleh Palestina sesuai dengan kesepakatan 1967. 

Sebelumnya, Netanyahu sudah menetapkan 1 Juli 2020 sebagai tanggal untuk memulai rencana aneksasi Tepi Barat sebagai bagian dari rencana perdamaian Timur Tengah yang diumumkan oleh Presiden AS Donald Trump awal tahun 2020.

Pukul-Rataisme

Unjuk rasa protes yang dilakukan oleh warga Israel yang mayoritas Yahudi terhadap kebijakan pemerintah Israel menggusur kaum Palestina pada hakikatnya merupakan koreksi terhadap tradisi pukul-ratisme sebagai landasan rasisme. 

Jika ada seorang manusia melakukan perbuatan buruk maka lazimnya seluruh ras yang kebetulan dimiliki oleh sang pelaku buruk langsung dipukul-rata sebagai buruk pula. 

Jika ada seorang China melakukan perilaku kriminal maka langsung seluruh insan yang kebetulan ras China dipukul-rata sebagai kriminal. 

Jika ada warga Belanda melakukan penjajahan maka seluruh bangsa Belanda dianggap penjajah meski pada kenyataan Douwes Dekker anti kolonialisme. 

Akibat Adolf Hitler membantai kaum Yahudi maka seluruh orang Jerman dianggap jahat tanpa peduli bahwa Oskar Schindler menyelamatkan ribuan nyawa Yahudi. 

Jika Benjamin Netanyahu yang kebetulan Yahudi menindas kaum Palestina maka langsung segenap kaum Yahudi dipukul-rata sebagai penindas Palestina. 

Peradaban

Akibat penindasan Israel terhadap Palestina, kekeliruan pukul-rataisme semula juga saya lakukan terhadap kaum Yahudi sebagai kaum penindas tidak berperikemanusiaan. Sampai pada suatu saat di London saya melihat dengan mata di kepala sendiri bagaimana sekelompok warga Yahudi mengenakan busana keagamaan Yahudi turun ke jalan demi protes keangkaramurkaan Israel menindas Palestina baru saya menyadari kekeliruan pukul-rataisme saya terhadap kaum Yahudi. 

Apalagi setelah menerima berita tentang protes warga Israel terhadap aneksasi wilayah Palestina saya makin meyakini bahwa anggapan pukul-rata terhadap ras tertentu menjadi narasumber kekeliruan prasangka terparah dalam peradaban umat manusia yang menebar wabah virus kebencian di planet bumi. 

Memang nila setitik bisa merusak susu sebelengga. Namun makin tinggi taraf peradaban manusia makin besar pula upaya mencegah jangan sampai nila setitik merusak susu sebelangga. 

Berupaya mengoreksi kekeliruan merupakan enerji utama penggerak mekanisme peradaban umat manusia di planet bumi ini. 

Jaya Suprana
Pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar