Yamaha

Kudeta Barcelona, Kemenangan Madrid Berbau Kontroversial

  Senin, 22 Juni 2020   Budi Cahyono
Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane memberi instruksi pemainnya. (Foto: Dok. AP)

MADRID, AYOJAKARTA.COM – Real Madrid mengatasi perlawanan Real Sociedad dalam lanjutan La Liga pekan ke-30 dengan skor tipis, 2-1, Senin (22/6/2020), dini hari WIB. Tambahan tiga angka tersebut sangat berarti bagi Madrid dalam perburuan takhta juara La Liga musim ini.

Pasukan Zinedine Zidane berhasil mengudeta posisi Barcelona di puncak klasemen dengan nilai sama, 65 angka. Namun, kemenangan dini hari tadi mendapatkan sorotan tajam.

AYO BACA : Tak Masuk Staring XI saat Menang Lawan Eibar, Bale Makin Tak Nyaman di Madrid

Sorotan tersebut di antaranya ketika gol Adnan Januzaj dianulir wasit usai situasi sepak pojok. Gol Januzaj itu sejatinya gol penyama kedudukan 1-1 namun tidak disahkan karena rekannya, Mikel Marino dianggap sudah ada pada posisi offside.

Kontroversi lainnya adalah gol Karim Benzema tak lama setelah gol Januzaj tersebut. Bola dinilai menyentuh tangan Benzema sebelum pemain asal Prancis itu menendang bola dan mencetak gol. Namun setelah wasit melihat VAR, gol tersebut disahkan sehingga Madrid unggul 2-0.

AYO BACA : Sikat Valencia, Madrid Tempel Ketat Barcelona

Kontroversi juga terjadi pada hadiah penalti untuk Madrid. Wasit menunjuk titik putih setelah menilai pemain Sociedad melakukan pelanggaran kepada Vinicius Junior. Pembahasan ini membuat pelatih Zinedine Zidane kecewa.

Mantan wasit, Juan Andujar Oliver menilai, keputusan wasit memberikan hadiah penalti kepada Real Madrid adalah keputusan tepat. Menurutnya, terlihat jelas ada kontak antara Vinicus dengan pemain Sociedad di kotak terlarang.

"Meskipun ada banyak contoh kontak seperti itu selama pertandingan, VAR tidak akan mengubahnya karena ada kontak,” jelas Andujar kepada Radio Marca.

Kemudian Andujar juga berkomentar tentang keputusan wasit yang tak mengesahkan gol Januzaj. Menurutnya, wasit telah mengeluarkan keputusan yang tepat. Andujar juga tak melihat Benzema handball sebelum mencetak gol.

"Ini adalah tujuan hukum karena tidak ada handball dalam kontrol," katanya.

AYO BACA : Napoli Juara Coppa Italia, Singkirkan Juventus Lewat Adu Penalti

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar