Yamaha

Siapakah John Kei? Ini Rekam Jejaknya

  Senin, 22 Juni 2020   Fitria Rahmawati
John Refra Kei di Lapas Nusakambangan. [Ratnaningsih Dasahasta/Kantor Staf Presiden]

TEBET, AYOJAKARTA.COM - John Kei menjadi perbincangan pasca tragedi penembakan di Green Lake City Cipondoh Tangerang dan pembacokan pengendara motor higga tewas di Cengkareng. Siapakah John Kei hingga ia memiliki kelompok yang jumlahnya tak sedikit?

John Kei merupakan bekas narapidana yang pernah ditahan di lapas high risk Nusakambangan. Ia melakukan kejahatan pembunuhan berencana kepada Tan Harry Tantono alias Ayung yang ditemukan tewas di kamar 2701 Swiss-Belhotel, Sawah Besar, Jakarta Pusat, pada tanggal 26 Januari 2012. 

Atas pembunuhan berencana itu, John Kei divonis 12 tahun penjara pada 27 Desember 2012. Setelah mengajukan banding, Mahkamah Agung justru menambah vonis terhadap John Kei menjadi 16 tahun penjara.

AYO BACA : Mencekam, Diduga Aksi Perampokan Terjadi di Komplek Elit Green Lake City Tangerang

Dalam tahanan di Nusakambangan, John Kei terlibat perkelahian yang mengakibatkan sesama tahanan tewas dan tiga napi lainnya terluka. Hal itu terjadi pada 7 November 2017.

Atas hal itu, ia ditempatkan di sel khusus beresiko tinggi atau high risk. Dalam tahanan sel tersebut, John Kei dalam wawancaranya dengan staf Kantor Kepresidenan Ratna Dasahasta pada 16 November 2018 silam, mengaku lebih dekat dengan Tuhan.

Pada 26 Desember 2019, John Kei memperoleh bebas bersyarat setelah menghuni Lapas Nusakambangan sejak 2014. Bebas bersyarat tersebut berdasarkan surat keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor Pas-1502.PK.01.04.06 Tahun 2019 tertanggal 23 Desember 2019.

AYO BACA : Deretan Senjata yang Dimiliki John Kei, Pelaku Penembakan di Green Lake City Tangerang

John Kei mendapat remisi 36 bulan 30 hari. Jika dihitung semekinya ia baru bebas pada 31 maret 2025. Namun, setelah memenuhi persyaratan, John Kei diberikan program pembebasan bersyarat sejak 26 desember 2019 dan masa percobaan hingga 31 maret 2026.

Kepala Bagian Humas Ditjen Pemasyarakatan Kemenkumham Rika Aprianti mengatakan, selama menjalani pembebasan bersyarat, John Kei berada di bawah pembimbingan dan pengawasan PK Bapas. Maka, katanya, dengan adanya penangkapan terhadap John Kei, PK Bapas akan berkoordinasi dengan kepolisian terkait kasus John Kei.

 


Lika-liku kehidupan John Kei yang sempat menemukan titik pertaubatannya

AYO BACA : Penembakan di Green Lake Tangerang Diduga Soal Utang

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar