Yamaha

Menguat, Rupiah di Level Rp 14.160

  Rabu, 24 Juni 2020   Fitria Rahmawati
Nilai tukar rupiah pada Rabu (2462020) menguat di level Rp 14.160/ Suara.com

TEBET, AYOJAKARTA.COM - Mengutip Bank Indonesia (BI) kurs acuan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate/Jisdor, nilai tukar rupiah tergadap dolar Amerika Serikat (AS) menguat di level Rp 14.160. Rupiah menguat dengan naik 105 poin atau menguat 1%.

Sedangkan data Bloomberg Dolar Index, rupiah pada perdagangan spot exchange menguat 51 poin atau 0,36% ke level Rp 14.110 per dolar AS. Rupiah bergerak di kisaran Rp 14.110 hingga Rp 14.135 per dolar AS.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, menguatnya nilai tukar rupiah pada hari dikarenakan pasar kembali merespon positif potensi pemulihan ekonomi di tengah pandemi.

Data indeks aktivitas manufaktur dan sektor jasa yang dirilis kemarin di kawasan Eropa, Australia dan AS menunjukkan pemulihan.

"Hal ini juga memberi bukti pembukaan ekonomi dibutuhkan untuk memulihkan perekonomian di tengah pandemi," kata Ariston.

Selain itu, lanjut Aris, lelang sukuk kemarin memperlihatkan minat investor yang masih tinggi terhadap Indonesia.

Pemerintah berhasil menjual surat berharga melebihi target yang berarti minat cukup tinggi dan ini positif untuk rupiah.

Dirinya pun memprediksi nilai tukar rupiah akan bergerak pada rentan Rp 14.050 sampai dengan batas resitensi di level Rp 14.200 per dolar AS.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar