Yamaha

Dapat Lampu Hijau, 37 Obyek Wisata di Semarang Siap Buka Kembali

  Jumat, 26 Juni 2020   Budi Cahyono
Sam Poo Kong, obyek wisata andalan Kota Semarang. (dok wikipedia)

SEMARANG, AYOJAKARTA.COM -- Sejumlah tempat wisata di Kota Semarang mendapatkan rekomendasi beroperasi kembali dari Pemkot Semarang dan berencana akan siap menerima kunjungan wisatawan akhir pekan ini.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang, Indrayasari, mengatakan ada 37 obyek wisata yang telah mendapat rekomendasi tersebut.

"Ada 37 tempat wisata yang sudah diizinkan buka. Karena kesiapannya menerapkan protokol kesehatan dalam menerima kunjungan wisatawan. Tempat wisata itu antara lain Sam Poo Kong dan Grand Maerakaca," ujarnya, Jumat (26/6/2020).

Protokol yang wajib dipenuhi itu antara lain menyediakan tempat cuci tangan, alat pengukur suhu tubuh, dan menerapkan jaga jarak serta mewajibkan pemakaian masker bagi petugas maupun pengunjung.

Selain itu, tempat wisata itu hanya diizinkan beroperasi hingga pukul 22.00 WIB, serta menerapkan pembatasan jumlah pengunjung maksimal 50% dari daya tampung.

Sementara itu, Bisnis Development Sam Poo Kong, Risna Agiuna menerangkan, jika sejumlah protokol kesehatan telah disiapkannya dalam menyambut wisatawan.

"Tentu protokol kesehatan kita utamakan dan ada sejumlah aturan bagi pengunjung. Seperti pengunjung wajib pakai masker dan pengecekan suhu tubuh. Lalu di dalam tidak boleh bergerombol. Kemudian kita juga tempatkan sejumlah tempat cuci tangan dan hand sanitizer," ujarnya.

"Untuk para petugas pun, kita wajibkan pakai masker dan sarung tangan untuk meminimalisir kontak. Dan untuk pembayaran sendiri kita adakan pembayaran cashless," tambahnya.

Adapun untuk kapasitas pengunjung sendiri, Risna menyebut jika saat ini objek wisata Sam Poo Kong hanya akan menampung kurang lebih separuh dari total kapasitas pengunjung saja.

"Kalau total kapasitas di Sam Poo Kong ini kurang lebih 7 ribu pengunjung. Tapi karena ada aturan pembatasan, saat ini kita hanya menampung sekitar kurang lebih 3 ribu pengunjung saja," imbuhnya.(Vedyana Ardyansah)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar