Yamaha

Kembali Dibuka, Bandung Zoo Terapkan Protokol Kesehatan

  Sabtu, 27 Juni 2020   Budi Cahyono
Bandung Zoo kembali dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan. (dok)

BANDUNG, AYOJAKARTA.COM -- Saat ini, sejumlah tempat wisata di Kota Bandung telah kembali dibuka seiring dengan berakhirnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Tak terkecuali Kebun Binatang Bandung aliaa Bandung Zoo.

Sejak pagi ini, Sabtu (27/6/2020) Bandung Zoo kembali membuka operasionalnya setelah hampir 3 bulan tutup akibat pandemi. Sesuai aturan, dibukanya salah satu ikon wisata Kota Bandung juga dilengkapi dengan penerapan protokol kesehatan.

Berdasarkan pantauan Ayobandung.com, protokol tersebut diterapkan sejak dari gerbang masuk. Pengunjung yang akan masuk terlebih dahulu diminta untuk cuci tangan di tempat yang telah tersedia.

Kemudian, satpam akan memberiksa suhu tubuh setiap pengujung. Seluruh pengunjung harus mengenakan masker dan tidak boleh berada dalam kondisi sakit.

Area antrean tiket masuk pun telah ditandai dengan stiker jaga jarak antar orang. Di beberapa titik area ticketing juga disediakan hand sanitizer.

Di luar kandang setiap hewan telah disediakan penanda untuk pengunjung agar tidak saling berdekatan ketika melihat hewan. Setiap bangku pun telah ditandai agar physical distancing terlaksana.

Humas Bandung Zoo Aan Sulhan mengatakan, pihaknya telah menyediakan 15 wastafel yang tersebar di berbagai titik. Ia juga menyebut tempat wisata tersebut telah memenuhi standar protokol kesehatan yang ditetapkan Pemerintah Kota Bandung.

"Jangan khawatir karena kita sudah ditinjau Wakil Wali Kota dan Disbudpar (Dinas Kebudayaan dan Pariwisata) Kota Bandung, kalau standar kami tidak memenuhi syarat, maka mereka sebagai penjamin juga tidak akan memberi izin," ungkapnya.

Hampir seluruh wahana dan area food court di Bandung Zoo terpantau belum beroperasi. Jumlah pengunjung yang diperbolehkan masuk dalam waktu yang bersamaan pun dibatasi.

"Kami hanya membatasi 30% dari total kapasitas, jadi hanya bisa 1.200 pengunjung dalam satu waktu," ungkapnya.

"Gerbang masuk pun hanya satu yang dibuka untuk memudahkan pemeriksaan, yakni gerbang Garuda," tambahnya. (Nur Khansa)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar