Yamaha

Pasien Positif Covid-19 Naik Garuda Indonesia Rute Jakarta-Sorong

  Senin, 29 Juni 2020   Fitria Rahmawati
Garuda Indonesia/ Shutterstock

TEBET, AYOJAKARTA.COM - Satu penumpang pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA 682 rute Jakarta Bandara Soetta ke Bandara Domine Eduard Osok Sorong diketahui positif Covid-19. Keterbatasan petugas pemeriksa dokumen bandara disebut sebagai biang kerok lolosnya penumpang inisial WY tersebut.

Koordinator Kantor Karantina Kesehatan Pelabuhan Bandara Domine Eduard Osok Sorong, dr Farida Tariq mengatakan, ada penumpang yang merupakan siswa program Adem asal Sorong Selatan yang diketahui positif Covid-19. Itu setelah WY turun dari pesawat dan diperiksa dokumennya di Domine Eduard Sabtu (27/6) pukul 06.20 WIT.

AYO BACA : Jadwal Penerbangan Berkurang, Permintaan Bahan Bakar Pesawat Turun 72%

Farida mengatakan, hasil tes usap positif WY positif lalu langsung dibawa ke ruang isolasi Bandara Domine Eduard Osok Sorong untuk ditangani lebih lanjut. Penumpang tersebut kemudian dijemput tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Sorong untuk di Karantina.

Lolosnya WY sampai ke Sorong, kata Farida, kemungkinan karena banyak penumpang dan petugas kesehatan Karantina Kesehatan Pelabuhan di sana terbatas sehingga petugas kewalahan melakukan pemeriksaan dokumen kesehatan sehingga bisa lolos.

AYO BACA : Tes PCR Mahal, Harga Tiket Pesawat Dikaji Ulang

Manager Garuda Indonesia cabang Sorong, Ranto Situmeang mengaku belum mendapat laporan dari pusat bahwa ada penumpang yang dalam dokumen kesehatan dinyatakan positif Covid-19 naik pesawat GA 682 dari Jakarta menuju Bandara Domine Eduard Osok Sorong.

"Setahu saya, di bandara maskapai tidak melakukan pemeriksaan berkas-berkas protokol kesehatan. Itu kewenangan Kantor Karantina Kesehatan Pelabuhan di Bandara," kata Ranto Situmeang ditulis Senin (29/6/2020).

Menurut dia, maskapai hanya melakukan pemeriksaan tiket pesawat sedangkan yang melakukan pemeriksaan dokumen kesehatan penumpang sesuai protokol COVID-19 adalah Karantina Kesehatan Pelabuhan.

Maskapai hanya melakukan pemeriksaan KTP, apakah sesuai tiket penumpang saat boarding. Surat rapid test dan surat pemeriksaan laboratorium tentang COVID-19 merupakan kewenangan Kantor Karantina Kesehatan Pelabuhan.

AYO BACA : Lion Air Grup Kembali Beroperasi Mulai 10 Juni, Ini Ketentuan Bagi Penumpang

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar