Yamaha

Tujuh Instruksi Presiden kepada Polri di Hari Bhayangkara

  Rabu, 01 Juli 2020   Khoirur Rozi
Presiden Joko Widodo atau Jokowi (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

JAKARTA PUSAT, AYOJAKARTA.COM -- Presiden Joko Widodo menyampaikan tujuh instruksi kepada Polri sebagai pedoman dalam bertugas. Hal ini disampaikan Jokowi saat memimpin upacara hari ulang tahun (HUT) ke-74 Bhayangkara dari Istana Negara, Rabu (1/7/2020).

Instruksi pertama yang disampaikan Jokowi adalah Polri harus memegang nilai luhur tribrata dan catur prasetya dalam bertugas. Kemudian Presiden juga meminta setiap anggota Polri menjaga kehormatan, kepercayaan, dan kebanggaan.

AYO BACA : Rayakan HUT ke-74 Bhayangkara, Panglima TNI Berikan Kejutan ke Kapolri

"Kedua terus melakukan reformasi diri secara total, bangun sistem dan tata kelola yang parsitipatif, transparan dan akuntabel serta bangun kultur kerja polri yang profesional modern dan terpercaya," kata Presiden.

Kemudian Jokowi mengingatkan agar institusi Polri meningkatkan solidaritas internal, memperkuat sinergi dengan TNI, serta seluruh elemen pemerintah dan masyarakat. Menurutnya, tantangan Polri ke depan semakin kompleks sehingga membutuhkan kerja sama antarlembaga.

AYO BACA : Jokowi Perintahkan Pengawasan Antarlembaga Terhadap Anggaran Covid-19

"Keempat terus terapkan strategi proaktif serta tindakan persuasif dan humanis dalam menangani masalah sosial yang terjadi di tengah masyarakat," ujar Presiden.

Selanjutnya, instruksi kelima adalah Polri diminta meningkatkan pelayanan publik yang modern dan profesional. Dalam hal penegakan hukum, Presiden mengingatkan agar jajaran Polri berlaku adil dan transparan agar dipercaya masyarakat.

"Keenam terus jaga kedisiplinan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan agar masyarakat produktif dan aman dari Covid-19," kata Jokowi.

"Ketujuh harus ikut mendukung proses pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan Polri dengan penuh tangggung jawab ," imbuhnya.

AYO BACA : Pesan Jokowi Kepada Kepala Daerah di Jateng: Jangan Sampai Muncul Second Wave

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar