Yamaha

Ini Tips Menghemat Baterai iPhone

  Kamis, 02 Juli 2020   Budi Cahyono
Ilustrasi

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Para pengguna iPhone pasti mengalami kendala terkait daya baterai ponsel. Pasalnya, iPhone tidak dilengkapi dengan kapasitas baterai yang besar jika dibanding dengan Android.

Namun, ada beberapa langkah yang bisa diikuti untuk menghemat baterai iPhone mu. Dengan mengikuti tips ini, kamu juga dapat membuat baterai iPhone mu lebih awet.

Simak tips menghemat baterai iPhone berikut:

1. Aktifkan "Optimized Battery Charging"  

AYO BACA : Akhirnya Bocor Juga, Ini Wujud Dummy iPhone 12

Di Apple iOS 13 memperkenalkan fitur baru yang dirancang untuk melindungi baterai dengan membatasi total dayanya hingga Anda membutuhkannya.  Fitur ini disebut Pengisian Baterai yang Dioptimalkan atau Optimized Battery Charging. Kamu dapat mengaktifkannya di Pengaturan> Baterai> Kesehatan Baterai. 

2. Perhatikan Penggunaan Baterai

Jika kamu ingin tahu ke mana perginya semua daya bateraimu, buka Pengaturan> Baterai dan tunggu daftar di bagian bawah layar untuk menghitung.  Di sini, kamu dapat melihat penggunaan baterai oleh setiap aplikasi selama 24 jam atau 10 hari terakhir. Kamu dapat memilah mana aplikasi yang harus kamu kurangi penggunaannya karena terlalu banyak menyedot penggunaan baterai.

3. Batasi Notifikasi

AYO BACA : Ini 5 Aplikasi Edit Video Terbaik di iPhone

Semakin banyak iPhone berinteraksi dengan internet khususnya melalui jaringan seluler akan memengaruhi penggunaan baterai.  Terutama ketika iPhone sedang tidak digunakan namun notifikasi tetap masuk dapat menyedot daya baterai. Kamu dapat mengurangi notifikasi dengan membuka Pengaturan>Pemberitahuan. Pilih aplikasi mana saja yang tidak membutuhkan notifikasi lengkap.

4. Gunakan Mode Gelap untuk iPhone dengan layar OLED  

Layar OLED menciptakan cahaya sendiri dibanding mengandalkan lampu latar. Ini berarti konsumsi daya mereka bervariasi berdasarkan apa yang mereka tampilkan di layar. Dengan memilih warna yang lebih gelap, kamu dapat mengurangi jumlah daya yang digunakan perangkat.

Ini hanya berfungsi pada model iPhone tertentu yang memiliki tampilan "Super Retina", antara lain iPhone X, iPhone XS dan XS Max, iPhone 11 Pro dan Pro Max. Aktifkan mode Gelap dengan membuka Pengaturan> Tampila. Kamu dapat menghemat sekitar 30 persen dari pengisian baterai. Pilih latar belakang hitam untuk hasil terbaik, karena model OLED mereplikasi hitam dengan benar-benar mematikan bagian layar.  

5. Aktifkan "Low Power Mode"

"Mode Daya Rendah" dapat diakses dengan membuka Pengaturan> Baterai. Fitur ini dapat menambah daya baterai dalam jangka waktu yang lebih lama karena mengurangi aktivitas latar belakang aplikasi, membatasi kecerahan layar, dan menonatifkan pengambilan email baru secara otomatis.

AYO BACA : Baterai iPhone SE 2020 vs iPhone 8, Lebih Awet Mana?

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar