Yamaha

Kasus Corona Masih Meningkat Sebulan Kedepan, Ini Penjelasan Pakar Epidemiolog Unpad

  Kamis, 02 Juli 2020   Fitria Rahmawati
ilustrasi wabah virus corona/ shutterstock

BANDUNG, AYOJAKARTA.COM - Kasus positif Covid-19 di Jawa Barat hingga saat ini masi terus mengalami peningkatan. Ini dikemukakan Pakar Epidemiologi Departemen Ilmu Kesehatan Fakultas Kedokteran Unpad, Bony Wiem Lestari.

Bony mengatakan, angka reproduksi instan kasus Covid-19 di Jabar berada di angka 1,01. Namun, bila dilihat rata-rata dalam 2 minggu terakhir, angka reproduksi (Rt) berada di 0,82.

"Ini menyatakan bahwa dari sisi epidemiologi, kasus Covid-19 di Jabar cukup terkontrol," ungkapnya di Gedung Sate Bandung, Kamis (2/6/2020).

AYO BACA : Update Corona Indonesia 2 Juli: Rekor Penambahan Positif Covid-19 Tertinggi hingga 1.624

Meski demikian, ia mengatakan, hal tersebut juga sekaligus mengindikasikan bahwa kasus positif masih akan terus bertambah. Setidaknya hingga satu bulan ke depan.

"Ini mengindikasikan akan ada penigkatan kasus positif dalam satu bulan ke depan berdasarkan pemodelan yang kami kerjakan," ungkapnya.

Ia menyebutkan, peningkatan kasus positif pun perlu dicermati terlebih dahulu. Biasanya, jumlah kasus yang mendadak tinggi kerap berkaitan dengan permasalahan administratif.

AYO BACA : Kasus Positif Covid-19 di Jakarta Kini Berjumlah 11.680

"Kemarin sempat ada peningkatan mendadak di Depok. Tapi setelah ditelusuri ada juga proses administrasi yang terjadi. Tim data perlu waktu untuk melakukan validasi," ungkapnya.

Ia mengatakan, data yang diperoleh dari pemerintah pusat harus melalui proses pengecekan lebih lanjut. Hal tersebut untuk menghindari kesalahan pencatatan data kasus positif.

"Pusat hanya kasih tau data Jabar, tapi tidak tahu itu di kota atau kabupaten mana. Maka kalau ada penigkatan kami cek dulu apakah itu kasus warga yang ada di Jabar atau provinsi lain," ungkapnya.

Hingga pukul 13.00 hari ini, kasus positif Covid-19 di Jabar tercatat meningkat 58 kasus dibanding hari kemarin, menjadi 3.726 kasus. Sementara jumlah pasien meninggal dunia meningkat 1 kasus menjadi 1.622 orang. (Nur Khansa)

AYO BACA : Kota Bogor Tambah Satu Pasin Positif Covid-19

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar