Yamaha

Mengenal Badan Intelijen Negara (1): Begini Motto BIN, Seram Ya?

  Jumat, 03 Juli 2020   Eries Adlin
Motto Badan Intelijen Negara

TEBET, AYOJAKARTA.COM --  Sebagai sebuah institusi intelijen, Badan Intelijen Negara alias BIN tentulah harus penuh misteri. Namanya juga markasnya intel. Hal itu juga diakui oleh BIN sendiri.

Angker, rahasia, misterius, tertutup, klandestin, dan bahkan kekerasan. Itulah kesan spontan yang sering muncul dari mindset publik, ketika ditanyakan perihal dunia Intelijen.” Begitu yang ditulis oleh laman resmi lembaga intelijen, bin.go.id.

Asosiasi publik ketika berbicara mengenai Intelijen, tentu tidak terlepas dari keberadaan BIN. Hal tersebut ada pembenarannya, karena BIN merupakan satu-satunya institusi yang kedudukannya sebagai State Intelligence.

Terkadang mindset awam ini masih diikuti oleh sinimisme terhadap profesi Intelijen, seperti tercermin pada ungkapan ‘intel Melayu’ atau ‘spion Melayu.’

Tidak heran, menurut BIN, pemikiran seperti itu masih berkembang di kalangan masyarakat karena karakter dunia Intelijen mengutamakan prinsip kerahasiaan, anonimitas dan cara kerja klandestin. Memasuki era keterbukaan, Intelijen ditantang untuk mengubah karakter ‘misterius’’ yang melekat menjadi karakter yang lebih impresif terbuka dengan publik.

Lalu, tahukah Anda motto yang melekat dengan BIN? Begini bunyinya, seperti dikicaukan akun Twitter BIN, @binofficial_ri:

Berhasil Tidak Dipuji, Hilang Tidak Dicari, Gagal Dicaci Maki.

Mau tahu cerita lanjutan kantor BIN di Pejaten Timur? Nanti ya…

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar