Yamaha

Pengunjung Wisata di Cianjur Abaikan Protokol Kesehatan

  Minggu, 05 Juli 2020   Budi Cahyono
Pengunjung Curug Cikondang Desa Wangunjaya, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mengabaikan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19. (Ayobandung/M Ikhsan)

CIANJUR, AYOJAKARTA.COM — Destinasi wisata di Kabupaten Cianjur mulai ramai dikunjungi masyarakat, namun masih banyak pengelola membiarkan pengunjung tidak mematuhi protokol kesehatan demi menghambat penularan Covid-19.

Salah satunya tempat ramai didatangi pengunjung Curug (air terjun) Cikondang Desa Wangunjaya, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.  Pantauan Ayobandung.com pengelola tidak menerapkan protokol kesehatan.

Di antaranya, setiap pengunjung yang datang tidak mengukur suhu tubuh di pintu masuk, setiap pengunjung hanya dipungut biaya masuk Rp5.000 per orang. Begitu pula tidak ada imbauan untuk menjaga jarak dan memakai masker.

Lisnawati (38) warga Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur, mengaku hanya dipungut biaya saja, tidak ada yang mengukur suhu tubuh atau imbauan memakai masker dan jaga jarak.

“Pas masuk hanya dipungut biaya masuk saja, tidak diukur suhu tubuh atau imbauan memakai masker dan jaga jarak, tapi saya sadar sendiri aja selama di Curug Cikondang menjalankan protokol kesehatan,” ujar Lisnawati pada Ayobandung.com sesaat akan pulang, Minggu (5/7/2020).

Para pengunjung sebagian besar tidak memakai masker dan tidak menjaga jarak, mereka hanya menikmati keindahan air terjun yang dikelilingi hamparan kebun teh. Seakan-akan lupa bahwa Covid-19 masih mengancam. Bahkan para pengunjung tidak dari Cianjur, tetapi juga dari Jakarta, Bekasi, Depok dan Bogor.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Cianjur, Yudi Ferdiana sedari awal sudah mengimbau kepada pengelola untuk menerapkan protokol kesehatan.

“Sudah saya imbauan kepada semua pengelola untuk menerapkan protokol kesehatan, tapi kalau masih ada yang tidak mengikuti himbauan pemerintah, akan kami beri teguran hingga sanksi,” ujar Yudi Ferdiana pada Ayobandung.com saat dihubungi melalui telepon. (M Iksan)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar