Yamaha

Penumpang KRL Meningkat 31% saat PSBB Transisi

  Minggu, 05 Juli 2020   Budi Cahyono
[Ilustrasi] Penumpang KRL meningkat 31% pada masa PSBB transisi. (dok)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM – Pada masa PSBB transisi saat ini, jumlah pengguna KRL terus meningkat setiap pekannya. Menurut keterangan Vice President Corporate Communications KCI Anne Purba, peningkatan pengguna KRL saat ini  meningkat 31 persen sejak diterapkan pemberlakuan PSBB transisi pada 8 Juni 2020 yaitu 300.029 orang.

Sehingga pihaknya tetap mengimbau agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

"Peningkatan ini masih akan berlanjut pada Senin besok (6/7/2020). Dari hampir 400 ribu pengguna KRL ini, pola perjalanannya masih terpusat pada jam-jam sibuk khusunya 06.00 sampai 08.00 WIB pada pagi hari dan 17.00 sampai 19.00 WIB di sore hari," katanya saat dihubungi Republika, Minggu (5/7/2020).

Kemudian, ia melanjutkan kapasitas tiap kereta sudah sangat maksimal mengingat adanya pembatasan jumlah pengguna yaitu 74 orang per kereta. Lalu, antrean di stasiun biasanya sudah mencapai zona terluar di tiap-tiap stasiun yang menjadi titik keberangkatan pengguna.

Ia mengimbau para pengguna untuk sebisa mungkin menghindari bepergian dengan KRL di jam-jam sibuk ini. Jika harus bekerja, ia kembali mengajak semua pihak untuk mengikuti pembagian jam kerja secara bertahap atau shift sesuai arahan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional.

"Dengan menghindari bepergian di jam-jam sibuk, para pengguna dapat terhindar dari antrean dan kepadatan yang ada. Pergerakan pengguna secara keseluruhan juga akan lebih lancar karena terbagi secara merata dalam beberapa jam," kata dia.

Ia menambahkan masyarakat hendaknya tetap sebisa mungkin berada di rumah dan hanya menggunakan KRL untuk keperluan yang benar-benar mendesak. Sebab, saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Pihaknya mengaku masih menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan ketat mulai dari kewajiban pengguna memakai masker, mengikuti pengukuran suhu tubuh, rajin cuci tangan, gunakan pelindung diri semaksimal mungkin, selalu jaga jarak aman antar pengguna hingga larangan berbicara selama berada di dalam KRL.

"Meski mulai kembali beraktivitas, kami ingatkan peran petugas dan kerja sama dari pengguna di masa pandemi ini sangat penting dalam mencegah penularan Covid-19," kata dia.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar