Yamaha

Ledakan di Menteng, Polisi: Rekaman CCTV Jadi Petunjuk Awal

  Senin, 06 Juli 2020   Budi Cahyono
Ledakan di Menteng. (Suara.com/Fakhri)

MENTENG, AYOJAKARTA.COM – Polisi masih mendalami motif di balik peristiwa ledakan mobil di di Jalan Yusuf Adiwinata, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (5/7/2020).

Dari olah tempat kejadian perkara (TKP), polisi menemukan beberapa barang bukti seperti pipa dan plastik. Diduga kuat ada benda yang memicu terjadinya ledakan hingga menyebabkan sebuah mobil Pajero Sport warna hitam meledak.

Kapolres Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto mengatakan, posisi ledakan tepat berada di bagian bawah mobil itu. Namun ia meyakini ledakannya bersifat kecil dan hanya membuat salah satu ban pecah.

Namun, dari penelusuran tim gegana dan forensik, ditemukan benda plastik dan pipa yang diduga berasal dari benda pemicu ledakan itu.

"Kita lihat ada pecahan plastik, pipa ada juga. Tapi kalau kita simpulkan ini low eksplosif," ujar Heru di lokasi, Minggu (5/7/2020).

Dari keterangan polisi, ada satu sepeda motor yang dikendarai orang tak dikenal melempar benda ke bagian depan mobil. Benda yang diduga bom itu terbungkus plastik membuat suara ledakan yang membuat geger warga sekitar.

Selain plastik, polisi juga menemukan baterai kotak dan baterai ukuran A2 masing-masing satu buah di sekitar lokasi.

AYO BACA : Terjadi Ledakan di Menteng, Polisi Masih Olah TKP

Mengenai hal ini, Heru mengatakan belum bisa memberikan kesimpulan terkait motif terduga pelaku. Namun ia meyakini kejadian ini bukan tindakan terorisme.

"Masih jauh, kalau untuk teroris kita belum menyimpulkan dan butuh pendalaman," katanya.

Heru mengungkapkan, korban pemilik mobil itu merupakan seorang pengusaha. Ia tak memungkiri adanya kemungkinan motif serangan karena dendam pribadi dan masih mendalaminya.

"(Motif dendam pribadi) masih kita dalami," katanya lagi.

Sejauh ini pihaknya sudah memanggil lima saksi untuk dimintai keterangan. Polisi juga sudah dan membawa berbagai barang bukti termasuk mobil Pajero itu.

Pemilik mobil Pajero Sport yang bagian bannya meledak di kawasan Menteng, Jakarta Pusat merupakan seorang Warga Negara Asing (WNA). Bahkan belakangan pria itu juga diketahui memiliki perusahaan sendiri. "Korbannya punya perusahaan yang dikelola sendiri," kata Heru.

AYO BACA : Rutan Cipinang Ditembaki Orang Tak Dikenal

Polisi juga tengah menyelidiki siapa pelaku di balik ledakan bom tersebut lewat kamera pengintai atau CCTV. Rekaman CCTV tersebut dijadikan bahan petunjuk awal.

Sejauh ini, petugas masih mendalami rekaman kamera tersebut sehingga belum dapat dijelaskan isi video yang berada di lokasi kejadian.

"CCTV kita jadikan alat petunjuk kira-kira awalnya bagaimana. Belum lihat semua, nanti hasil pemeriksaan kita ekspos " imbuh Heru.

Seorang warga sekitar bernama Joko (33), mengaku mengetahui identitas korban ledakan karena tinggal dekat rumah WNA itu. Setelah melihat sumber ledakan, ia langsung mengenal pemilik mobil tersebut.

"Pemilik mobil itu yang punya rumah, dia bule," ujar Joko di lokasi, Minggu (5/7/2020).

Ia mengaku langsung memeriksa lokasi begitu mendengar suara ledakan. Joko langsung melihat WNA itu membawa alat pemadam.

"Setelah terdengar ledakan saya langsung mendekat dan hanya lihat orang bule lagi menyemprotin mobil pakai APAR," tuturnya.

AYO BACA : Rumah Pegawai Lapas Mojokerto Diteror dengan Bom Molotov

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar