Yamaha

Kasus Perkosaan di Rumah Aman Lampung, KPAI Sebut Bukan Kasus yang Pertama

  Senin, 06 Juli 2020   Fitria Rahmawati
ilustrasi kekerasan seksual/ shutterstock

LAMPUNG TIMUR, AYOJAKARTA.COM - Kasus pemerkosaan yang terjadi di tempat penanganan kekerasan seksual kepada korbannya ternyata tak hanya sekali ini terjadi di Way Jepara, Lampung Timur, Provinsi Lampung. Komisioner KPAI menyebut kasus serupa juga pernah terjadi di Padang Sumatera Barat beberapa bulan silam.

Kepada Suara.com - jaringan Ayojakarta.com, Anggota KPAI Jasra Putra mengatakan, kejadian serupa pernah terjadi di Kantor Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Kota Padang, Sumatera Barat. Ironisnya, pelaku dicurigai tak diproses hukum, dan hanya dipecat saja.

"Jadi di kota Padang ini agak terselubung peristiwanya. Terjadi di LPSK milik Kementerian Sosial di Kota Padang. Pelakunya juga orang dalam meski kontrak bukan ASN (Aparatur Sipil Negara)," kata Jasra, Senin (6/7/2020).

Kata Jasra, sama seperti kasus di Lampung Timur, korban anak di rumah aman LPSK Kota Padang juga merupakan korban pemerkosaan yang tengah dititipkan.

AYO BACA : Jadi Korban Pemerkosaan dan Ikut Pemulihan Trauma, NF Malah Diperkosa Kepala P2TP2A Lampung Timur

"Saya berharap LPSK sebagai lembaga pengawas rumah aman yang memiliki aturan tegak dan lengkap tentang tempat tempat seperti ini dan serupa. Segera melakukan sosialisasi dan pembenahan," kata Jasra.

Peristiwa yang menimpa NF, kata Jasra, menodai proses perlindungan anak di Indonesia. Itu membutuhkan protokol yang ketat dan jelas untuk ASN yang menjabat sebagai pelindung anak di kantor pemerintah yang memiliki rumah aman, balai, tenaga pendamping atau kontrak yang dibayar.

Sebab itulah, perekrutan petugas harus dilakukan ketat. Jangan sampai karena kongkalikong, nepotisme, pemegang kuasa menyebabkan proses birokrasi terpotong dan melewati semua syarat administasi. Sehingga merekanyang seharusnya menjadi pendekar anak justru aman berbuat berbagai hal pelanggaran anak.

Ia pun berharap agar Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban atau LPSK sebagai lembaga pengawas rumah aman, memiliki aturan tegas dan lengkap.

AYO BACA : Bejat! Selain Diperkosa, NF Juga Dijual Saat Pemulihan Trauma di Rumah Aman P2TP2A Lampung

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar