Yamaha

Wujudkan Program Pemprov DKI, Transjakarta Uji Coba 100 Bus Listrik

  Selasa, 07 Juli 2020   Budi Cahyono
Sejumlah penumpang saat menaiki bus listrik Transjakarta di Terminal Blok M, Jakarta, Senin (6/7). PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) melakukan uji coba dua unit bus listrik EV1 dan EV2 rute Balai Kota - Blok M dengan mengangkut penumpang. Republika/Putra M. Akbar

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) tengah mengujicobakan bus listrik selama tiga bulan ke depan. Untuk saat ini, Transjakarta baru menurunkan dua unit bus sebagai sampel uji coba.

Uji coba bus listrik ini di rute EV 1 (Balai Kota-Blok M). Meski saat ini hanya berjumlah dua unit, ke depan ditargetkan jumlah bus yang diujicobakan bertambah hingga 100 unit pada akhir 2020.

AYO BACA : Mumpung Libur, Yuk Coba Bus Listrik Gratis

Direktur Utama (Dirut) PT Transjakarta, Sardjono Jhony Tirtokusumo, mengatakan, sementara dua unit dulu yang menjadi sampel uji coba.

 "Hingga akhir tahun nanti kita canangkan sebanyak 100 unit bus listrik. Sedangkan, untuk tarif masih gratis, belum ada kajian untuk tarif yang ideal untuk saat ini," ujar Sardjono seusai peresmian uji coba bus listrik di kantor Transjakarta, Cawang, Jakarta Timur, Senin (6/7/2020), seperti dikutip Republika.

AYO BACA : Perjalanan Trasnjakarta Terganggu Aksi di Bawaslu

Jhony mengatakan, PT Transjakarta memiliki cita-cita membantu menyukseskan program Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mewujudkan transportasi aman, nyaman, dan ramah lingkungan.

Pada 2019, dia menambahkan, sebenarnya telah dilakukan prauji coba untuk masuk ke perizinan. Secara total, pihaknya sudah menjalankan bus belasan ribu kilometer dengan mengangkut sekitar 13 ribu penumpang.

"Kita masuk ke segala sesuatunya ke peraturan berlaku. Yang menikmatinya selama itu. Sekarang kita uji coba di jalur komersial Transjakarta selama tiga bulan. Setelah ini laik, kita akan lakukan promosi," tutur Jhony.

AYO BACA : Pemprov DKI Lakukan Pra Uji Coba Bus Listrik

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar