Yamaha

Asyik, Bioskop di DKI Sudah Boleh Buka

  Selasa, 07 Juli 2020   Eries Adlin
Ilustrasi/istimewa

GAMBIR, AYOJAKARTA.COM -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai mengizinkan bioskop beroperasi dan kegiatan outdoor selama masa perpanjangan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi. 

Kebijakan tersebut diatur lewat Surat Keputusan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Dinas Parekraf, Cucu Ahmad Kurnia Nomor 140 Tahun 2020 yang dirilis pada 6 Juli 2020.

Satu persyaratan yang tertuang dalam SE Kepala Dinas Parekraf adalah setiap kegiatan tersebut harus mengikuti protokol kesehatan. Bahkan, SE tersebut mengatur ketentuan rinci prosedur yang harus dipenuhi.

Pada SK tersebut, bioskop akan kembali beroperasi pada 6-16 Juli. Tidak hanya bioskop, di tanggal tersebut sektor hiburan dan rekreasi seperti produksi film, dan penyelenggaraan pertunjukan/nonton bareng di ruang terbuka, boleh beroperasional.

Pemprov DKI juga memperbolehkan pelaksanaan pertemuan pada periode tersebut. Untuk gelanggang olahraga baru diizinkan untuk dibuka pada 12-16 Juli. Khusus untuk gelanggang renang dan kolam renang masih dilarang untuk dibuka.

PSBB transisi di Jakarta diperpanjang selama 14 hari ke depan. Demikian dikatakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Menurut Anies, keputusan itu berdasar hasil rapat Gugus tugas Covid-19 DKI Jakarta. “Kesimpulan rapat gugus tadi disimpulkan,bahwa PSBB transisi yaitu kegiatan masih kapasitas 50 persen akan diteruskan 14 hari ke depan,” kata Anies dalam Konpers daring, Rabu (1/7/2020).

Anies menyebut hasil penilaian tim fakultas kesehatan masyarakat UI, Jakarta mendapat skor 71 yang artinya bisa dapat dilakukan pelonggaran PSBB. “Apabila skor dibatas 70 boleh pelonggaran,” kata Anies

"Dari total skor (Jakarta) ini, status kita bisa melakukan pelonggaran,” tambah Anies.

Skor tersebut didapatkan dari tiga unsur yakni epidemologi, kesehatan publik dan fasilitas kesehatan. "Terihat epidemologi (Jakarta) 75, kesehatan publik 54, fasilitas kesehatan 83, total 71,” ucap dia.

Berikut ini, daftar kegiatan di PSBB masa transisi fase II yang bisa dimulai apabila fase I sukses:

Bidang Keagamaan:
- Acara dengan pengumpulan massa lebih dari 25 orang
Bidang Pendidikan:
- PAUD
- Pendidikan Dasar
- Pendidikan Menengah
- Perguruan Tinggi
- Kursus
- Penitipan Anak
Bidang Perdagangan, Usaha, Industri:
- Klinik Kecantikan
- Salon/Barbershop
- Gedung Pertemuan (Auditorium, MICE, dll)
- Resepsi Pernikahan, Sunatan, dll
- Bioskop
- Studio Rekaman, Rumah Produksi Film
- Hiburan Malam
- Karaoke
- Butik
Bidang Mobilitas Warga dan Transportasi
- Olahraga indoor (Gym, kolam renang, dll)
- Festival Rakyat
- Pasar Malam
- Pasar Kampung

 

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar