Yamaha

Sungai Cidadap di Selatan Kabupaten Bandung Barat Menyimpan Potensi Wisata dengan Kesejukan Alam

  Rabu, 08 Juli 2020   Budi Cahyono
Potensi alam Sungai Cidadap. (dok)

BANDUNG BARAT, AYOJAKARTA.COM -- Sungai Cidadap yang berhulu di Gunung Tambaga Ruyung/Tambak Ruyung adalah sebuah sungai sepanjang kurang lebih 30 km, melintasi 3 kecamatan yakni Kecamatan Sindangkerta, Gununghalu dan Rongga, 8 Desa Mekarwangi, Gununghalu, Sirnajaya, Bunijaya, Sindangjaya, Cicadas, Cibedug, Bojong ) di Kabupaten Bandung Barat (KBB).

"Sudah kurang lebih 18 tahun saya bersama Trapawana Jawa Barat memantau kondisi sungai ini dan 5 tahun terakhir kondisinya cukup menghawatirkan,"ungkap Ketua Trapawana Jawa Barat, David Riksa Buana membuka perbincangan dengan Ayobandung.com, Selasa (7/7/2020).

AYO BACA : Pengunjung Wisata di Cianjur Abaikan Protokol Kesehatan

Menurut David, pencemaran sungai akibat limbah rumah tangga, industri kecil dan pestisida kimia semakin hari memerlukan perhatian serius berbagai pihak agar mandapatkan solusi menghentikannya.

"Belum lagi penguasaan lahan pada bantaran sungai dan perburuan liar semakin tidak terkendali, habitat Sungai Cidadap memang sedang terancam,"sebutnya.

AYO BACA : Obyek Wisata Lembang Bersiap Sambut Wisatawan Luar Jabar

David memaparkan, Sungai Cidadap masih menyimpan berbagai potensi alam, budaya serta sejarah yang menyertainya, sebagai salah satu sungai yang masih cukup terjaga kelestarianya. Sungai Cidadap merupakan habitat salah satu ikan langka yang sudah hampir punah di Jawa Barat yaitu ikan Soro/Kancra/Tor soro/Tropical salmon.

"Keindahan alam berupa hutan belantara, perkebunan dan suasana perdesaan, merupakan pesona alam yang sangat menakjubkan, pada salah satu bukit yang berada di tepian Sungai Cidadap terdapat Situs  Megalithic yang dimungkinkan sebagai maqom patilasan tempat ngahyang pengelana abad ke-15-16 yang di kenal sebagai bujanggamanik," terangnya.

Menurut ilmu geomorfologi, lanjut David, Sungai Cidadap merupakan Jenis sungai pegunungan yang mempunyai karakteristik dasar sungai berbatu dan berarus deras, sehingga ada potensi pariwisata alam yang dapat di kembang kan, berupa kegiatan olahraga arus deras (rafting, canoing, tubbing).

"Kegiatan ini dapat merupakan suatu solusi untuk mengurangi ketergantungan masyarakat secara negatif terhadap Sungai Cidadap,"katanya.

Ia meyakini jika Sungai Cidadap dikemas menjadi pariwisata akan menggugah kesadaran masyarakat agar senantiasa menjaga kebersihan dan kelestarian sungai sebagai penopang kehidupan. (Tri Junari)

AYO BACA : Museum Pusaka Keraton Kasepuhan Cirebon, Kapsul Waktu Pembangkit Kognisi

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar