Yamaha

Diingatkan, Masa Berlaku SIM Tidak Lagi Tanggal Lahir

  Rabu, 08 Juli 2020   Budi Cahyono
Masa berlaku SIM tidak lagi berdasarkan tanggal lahir pemilik SIM, tetapi seusai tanggal pencetakan SIM.

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM – Masyarakat saat ini mengethaui untuk mengurus perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) berdasarkan jatuh tempo kedaluwarsa penerbitan. Biasanya, SIM yang diterbitkan sesuai dengan tanggal lahir para pemegang.

Namun, sejak 2019 terjadi perubahan terhadap masa berlaku SIM. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengingatkan, masa berlaku SIM tidak lagi berdasarkan tanggal lahir pemilik SIM, tetapi seusai tanggal pencetakan SIM.

AYO BACA : Polisi Bebaskan Tilang SIM Masa Berlaku Habis 17 Maret-29 Mei

"Untuk masa berlaku SIM saat ini bukan lagi berdasar tanggal lahir, tetapi berdasarkan tanggal pencetakan SIM," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo saat dihubungi, Rabu (8/7/2020).

Sambodo mengatakan, perubahan itu sebenarnya telah berlaku sejak tahun 2019. Namun, rupanya masih banyak masyarakat yang tidak menyadari hal tersebut.

AYO BACA : Cek di Sini, Lima Lokasi SIM Keliling Sabtu 7 Maret 2020

"Ketentuan ini berlaku sejak tanggal 7 Oktober 2019 dan berdasarkan ketentuan yang tertera di Perkap 9 tahun 2012," ungkap Sambodo.

Dia menuturkan, keputusan itu juga sudah tertuang dalam surat telegram rahasia dari Korlantas Polri. Adapun surat telegram itu bernomor ST/2664/X/Yan.1.1./2019.

Setelah dikeluarkannya peraturan tersebut, kini masa berlaku SIM tidak lagi sesuai dengan tanggal lahir pemilik SIM, melainkan berdasarkan tanggal pencetakannya. Meski demikian, masa berlaku SIM tetap selama lima tahun.

"Masa berlaku SIM adalah lima tahun terhitung sejak SIM tersebut dicetak," imbuhnya.

AYO BACA : Ini Lokasi SIM Keliling di DKI Jakarta Hari Ini

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar