Yamaha

Pemprov Jabar Fasilitasi Kepulangan Etty dari Arab Saudi

  Rabu, 08 Juli 2020   Budi Cahyono
[Ilustrasi] Pemprov Jabar fasilitasi kepulangan Etty dari Arab Saudi. (dok)

AYO BACA : Kisah Perjuangan TKI Tiba di Tanjung Emas Semarang, Sempat Kesulitan Mengurus Surat Jalan karena Pandemi

BANDUNG, AYOJAKARTA.COM -- Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jabar akan memfasilitasi kepulangan TKI asal Majalengka, Etty binti Thoyib selepas mendarat di Indonesia. TKI yang lolos dari hukuman mati tersebut akan diantar kembali ke Majalengka.

"Kepulangan Bu Etty dari Arab Saudi menjadi kewenangan Kementerian Tenaga Kerja dan Kementerian Luar Negeri. Namun, setelah itu, kami siap menjemput Etty dan mengantar ke tempat tinggalnya di Majalengka," kata Kepala Disnakertrans Jabar Taufik Garsadi di Kota Bandung, Selasa (7/7/2020).

Taufik mengatakan, jika penjemputan dilakukan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar. Pasalnya, setiap kepulangan warga dari luar negeri harus disertai protokol kesehatan untuk memastikan yang bersangkutan berada dalam kondisi sehat.

"Saat penjemputan tentu protokol kesehatan akan diterapkan. Selain memastikan kondisi Bu Etty sehat, itu dilakukan sebagai bentuk pencegahan dan perlindungan kepada keluarga Bu Etty," ungkapnya.

Etty sempat didakwa membunuh majikannya, dan dijatuhi hukuman mati di Arab Saudi. Etty akhirnya terbebas dari hukuman mati setelah ahli waris korban memaafkan.

Setelah dimaafkan, kasus tersebut akan dituntaskan dengan pembayaran denda atau diyat sebesar Rp15,2 miliar. Dana tersebut salah satunya terkumpul dari sumbangan ASN di lingkungan Pemprov Jabar sebesar Rp1,4 miliar. (Nur Khansa)

AYO BACA : TKI dari Malaysia Turun di Pelabuhan Tanjung Emas

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar