Yamaha

Pemkab Bekasi Kirim 127 Ribu KTP-el ke Pemilik lewat Jasa Pos

  Rabu, 08 Juli 2020   Budi Cahyono
Pemkab Bekasi akan mengirim 127 ribu KTP elektronik ke pemilik melalui PT Pos Indonesia. (ist)

BEKASI, AYOJAKARTA.COM – Pemerintah Bekasi memberikan pelayanan yang banyak dipuji oleh masyarkat Bekasi. Di mana, setiap warga yang tengah mengurus KTP elektronik akan diantar langsung Pemkab Bekasi melalui jasa PT Pos Indonesia. Terdata sebanyak 127 ribu KTP elektronik siap dikirim melalui Pos.

"Kebijakan ini diambil Pak Bupati untuk memudahkan masyarakat sekaligus memberikan layanan prima. Warga tinggal menunggu saja dari rumah, petugas yang mengantarkannya," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bekasi Hudaya di Cikarang, Rabu (8/7).

Hudaya mengatakan dari total 130.402 KTP elektronik yang dicetak, sebagian besar telah berhasil diantar langsung ke alamat pemiliknya sementara sisanya masih terkendala masalah teknis.

AYO BACA : Update Covid-19 Kota Bekasi 7 Juli: Kasus Positif Aktif 9 Orang

"Dari 130.402 yang berhasil di-entry, sebanyak 127.601 KTP berhasil diantarkan kepada pemiliknya sedangkan sisanya tidak berhasil diantarkan karena ada kendala teknis seperti pemilik KTP sudah meninggal dunia, sudah pindah tempat tinggal, dan pemberian alamat yang tidak jelas," katanya.

Secara keseluruhan pihaknya sudah berhasil melakukan pencetakan 132.289 blangko KTP elektronik sejak kebijakan ini mulai diberlakukan di wilayahnya. Setelah diserahkan ke PT Pos Indonesia dan dilakukan penyortiran, terdapat 202 KTP yang mengalami kerusakan, 91 cetak ganda, dan 345 KTP yang ditarik kembali.

"Ada 345 KTP yang ditarik kembali dikarenakan Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Tambun Selatan, terdampak penggusuran proyek LRT. Selanjutnya KTP tersebut kami serahkan ke kecamatan dan kelurahan setempat untuk dibagikan," kata dia.

AYO BACA : Orangtua Siswa Buka Kedok Ditawari Praktik Curang Pindah KK Demi Masuk Sekolah Unggulan

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi Ani Rukmini mengatakan upaya pemerintah daerah dengan mengantarkan KTP elektronik langsung ke rumah warga merupakan langkah yang tepat ditengah pandemi Covid-19.

"Kebijakan antar KTP itu menurut saya sudah on the track. Disdukcapil sudah berupaya memenuhi masyarakat yang kemarin masih waiting list dan saat ini sudah on proses dikirim via pos," ucapnya.

Hanya saja berdasarkan laporan yang diterimanya masih terdapat beberapa kendala saat pendistribusian KTP seperti petugas PT Pos Indonesia menemukan nama dan alamat tidak sesuai serta adanya perumahan yang menutup diri di tengah pandemi Covid-19.

"Saya selalu berkoordinasi dengan Kepala Disdukcapil dan Disdukcapil menyampaikan reportnya ke saya. Kalaupun yang belum (menerima KTP-el) memang on proses dan kalaupun ada alamat yang tidak ditemukan atau penduduk berbeda alamat, itu pasti kembali ke Disdukcapil," ungkapnya.

Menurut dia persoalan ketersediaan blangko KTP yang beberapa tahun belakangan menjadi kendala pencetakan kini sedikit demi sedikit sudah mulai terpenuhi terlebih setelah Kabupaten Bekasi menerima 192 ribu keping blangko dari Kementerian Dalam Negeri.

"Saya mengadvokasi surat keteranganjadi KTP sejauh ini tidak ada masalah. Blangko sudah ada dari Kemendagri, ini untuk yang waiting list kemarin dan sudah selesai, tinggal distribusi. Memang masih ada yang tersisa tapi sedikit demi sedikit kita penuhi," katanya.

AYO BACA : Orang Tua di Bekasi Nilai PPDB Kurang Transparan

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar