Yamaha

Yuk Uji Emisi Mobil & Motor Kita, Mumpung Gratis, Ini Lokasinya

  Sabtu, 11 Juli 2020   Eries Adlin

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Selama Juli ini, Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta menggelar enam kali kegiatan uji emisi gratis untuk kendaraan bermotor baik mobil maupun motor.

Uji emisi ini menyasar kendaraan roda dua dan roda empat, yang membeli jenis bahan bakar minyak (BBM) apapun di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) dengan menunjukkan struk transaksi.

Setelah sebelumnya dilaksanakan di Pulogadung dan Kemayoran, uji emisi gratis selanjutnya akan dilaksanakan Kantor Wali Kota Jakarta Utara pada 9 Juli 2020; Wali Kota Jakarta Selatan 16 Juli 2020; Kantor Wali Kota Jakarta Barat 23 Juli 2020; dan Kantor Wali Kota Jakarta Pusat pada 30 Juli 2020.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Andono Warih, mengatakan udara bersih menjadi cerminan lingkungan yang sehat, uji emisi ini menjadi salah satu upaya meningkatkan kualitas udara.

"Melalui uji emisi ini diharapkan masyarakat mengetahui kondisi gas buang kendaraannya agar tidak membahayakan lingkungan," ujarnya seperti dilansir laman resmi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, beritajakarta.id.  

Andono menjelaskan dalam kegiatan uji emisi gratis tersebut terdapat enam unsur dalam gas buang kendaraan yang diukur yaitu, senyawa HC (hidrokarbon), CO (karbonmonoksida), CO2 (karbondioksida), O2 (oksigen), senyawa NO (nitrogenoksida), dan Lambda.

"Kami menargetkan sebanyak 100 unit kendaraan baik roda dua dan roda empat dalam setiap pelaksanaan uji emisi gratis," terangnya.

Ia menambahkan Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara pada tanggal 1 Agustus 2019 mengamanatkan untuk memperketat ketentuan uji emisi bagi seluruh kendaraan pribadi.

"Tidak hanya kendaraan roda empat, kami menargetkan uji emisi juga wajib untuk kendaraan roda dua."

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar