Yamaha

Warga Bandung Jalani Swab Test di Balai Kota

  Sabtu, 11 Juli 2020   Budi Cahyono
Wali Kota Bandung Oded M Danial (Ayobandung/Nur Khansa)

BANDUNG, AYOJAKARTA.COM -- Sebanyak 400 warga Kota Bandung menjalani tes swab di Balai Kota Bandung, Sabtu (11/7/2020). Warga tersebut merupakan gabungan dari pihak kepolisian maupun warga yang mendapat rekomendasi dari puskesmas di wilayah masing-masing.

Tes swab yang diakomodasi oleh bank BNI tersebut menyasar 250 warga kepolisian dan 150 masyarakat umum yang mendapat rujukan dari puskesmas. Selain 400 orang tersebut, sebanyak 100 pegawai serta keluarga bank BNI juga menjalani pengetesan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Rita Verita mengatakan, dari jumlah tersebut, terdapat pula warga kelurahan Hegarmanah, Kecamatan Cidadap yang tinggal berdekatan dengan kawasan Secapa AD. Sebagaimana diketahui, insitusi pendidikan militer tersebut saat ini telah ditetapkan sebagai klaster baru penyebaran Covid-19.

"500 itu terdiri dari 100 keluarga besar BNI, 400 warga Kota Bandung termasuk dari Polrestabes dan 28 warga Secapa AD, karena kita baru tracing kemarin," ungkapnya saat ditemui di sela pengetesan.

"Sisanya warga Kota Bandung yang berada di wilayah kasus Covid-19 yang cukup tinggi, dari 10 kecamatan," jelasnya.

Adapun warga sekitar Secapa AD yang menjalani tes swab hari ini hanya berjumlah 28 orang. Mayoritas warga menolak karena alasan yang beragam.

"Memang kemarin setelah diadakan pemeriksaan dan penelusuran di sekitar Secapa AD, yang berhasil mau hanya 228 orang. Kebanyakan mereka menolak alasannya sederhana, karena ketika diisolasi mereka tidak bisa kerja," ungkap Wali Kota Bandung Oded M Danial dalam kesempatan yang sama.

Ia mengatakan, pihak Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Kesehatan Kota Bandung, Gugus Tugas Covid-19 Bandung akan terus melakukan pelacakan hingga pembujukan warga sekitar Secapa AD agar bersedia dites.

"Kita terus berjalan, siapa yang sudah bersedia kita akan periksa. Kita juga enggak bisa memaksa mereka, susah. Kita terus upayakan untuk membujuk mereka," ungkap Oded. (Nur Khansa)

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar