Yamaha

Ribuan Orang Tanpa Masker saat Olahraga di Kawasan Sudirman – Thamrin

  Minggu, 19 Juli 2020   Budi Cahyono
Ribuan orang tak bermasker saat olahraga di kawasan Sudirman - Thamrin (dok)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM – Ribuan orang tanpa mengenakan masker terlihat saat berolahraga di kawasan Jalan Sudirman – Thamrin, DKI Jakarta, Minggu (19/7/2020). Walaupun CFD ditiadakan demi mencegah penyebaran Covid-19, warga tetap memadati kawasan tersebut.

Meski kawasan itu tak dilarang untuk dikunjungi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI meminta agar protokol kesehatan dipatuhi.

Namun, ternyata banyak masyarakat yang tak mengindahkan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di lokasi itu seperti menggunakan masker.

Kabid Penegakan dan Penindakan Satpol PP DKI Jakarta Agus Irmanto mengatakan, setidaknya ada 1.000 orang tak mengenakan masker di kawasan Sudirman-Thamrin sampai ke Monas.

"Pelanggaran paling banyak di sekitar Monas dan Patung Kuda, jumlahnya sampai 1.000 pelanggar," ujar Agus di kawasan Bundaran HI Jakarta Pusat.

Agus mengatakan, pelanggar di kawasan itu merupakan yang terbanyak dibandingkan lokasi lainnya khusus untuk hari Minggu.

Padahal pihaknya sudah menyediakan 32 ruas jalan lain pengganti CFD di lima wilayah kota.

Jumlah keseluruhan pelanggar di 32 lokasi itu juga membludak di hari Minggu. Dalam satu hari, kata Agus, tercatat ada 8.000 pelanggaran tak mengenakan masker saat beraktivitas yang terjadi.

"Untuk hari ini ada 8.000 lebih pelanggaran yang kami temukan di lapangan," jelasnya.

Para pelanggar itu disebut Agus diberikan sanksi denda atau kerja sosial sesuai peraturan penjatuhan hukuman bagi pelanggar PSBB.

Petugas Pemprov seperti Satpol PP yang berjaga di 32 lokasi dan Sudirman-Thamrin itu langsung memberikan tindakan di tempat.

"Mereka kami denda bayar Rp250 ribu atau kerja sosial selama dua jam," pungkasnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar