Yamaha

3 Lembaga Keuangan Dunia Ramalkan Resesi Dialami Semua Negara

  Senin, 20 Juli 2020   Budi Cahyono
[ilustrasi] 3 lembaga keuangan dunia ramalkan resesi karena pandemi Covid-19. (shutterstock)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM – Resesi ekonomi sudah dirasakan beberapa negara di masa pandemi Covid-19 ini. Ramalan ekonomi masa depan pun akan semakin suram, termasuk juga Indonesia.

Deputi Gubenur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti bahkan mengatakan bahwa pada tahun ini hampir seluruh negara akan masuk ke dalam jurang resesi.

AYO BACA : Pakar Ekonomi Ingatkan Resesi Indonesia di Depan Mata

"2020 ini hampir semua negara akan mengalami Resesi," kata Destry dalam acara Kemenkeu Corpu Talk yang diselenggarakan secara virtual, Senin (20/7/2020).

Destry merinci dari ramalan 3 lembaga keuangan dunia, IMF, OECD dan World Bank kesemuanya mengeluarkan data pertumbuhan ekonomi global yang negatif.

AYO BACA : Tekanan Ekonomi Akan Berlanjut hingga Akhir Tahun

"IMF memprediksi tahun ekonomi global akan negatif 4,9 persen, OECD negatif 7,6 persen dan World Bank 5,2 persen," paparnya.

Bahkan kata dia angka ini kemungkinan masih akan jatuh lebih dalam mengingat kasus baru penambahan virus corona semakin hari semakin banyak.

Tak hanya itu kata dia, tensi politik internasional seperti hubungan Amerika Serikat dan China juga bisa menambah parah kondisi ekonomi yang ada saat ini.

"Karena Amerika sebagai negara boleh dibilang terbesar yang memang sangat mempengaruhi juga arah pergerakan ekonomi dan politik global ini yang perlu diwaspadai memang Permasalahannya menjadi sangat kompleks," pungkasnya.

AYO BACA : Rizal Ramli: Awal yang Bagus Pak Jokowi, Akui Ekonomi RI Nyungsep Akibat COVID-19

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar