Yamaha

Kelas Tari di KBRI Quito Tetap Berjalan di Tengah Pandemi Covid-19

  Jumat, 24 Juli 2020   Budi Cahyono
Kelas tari virtual melalui zoom KBRI Quito. (dok KBRI Quito)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- KBRI Quito kembali membuka kelas tari pada tanggal 3 Juli 2020 setelah terhenti selama 3 bulan akibat pandemi Covid-19. Kelas tari dilakukan secara virtual melalui aplikasi Zoom bersama pelatih Edgar Freire dan diikuti oleh peserta dari Ekuador dan Meksiko.

Mengingat situasi saat ini di Quito dengan kenaikan kasus positif yang masih terus meningkat, kelas tari belum bisa dilakukan di KBRI. Seperti sebelum pandemi Covid-19 kegiatan kelas tari dilakukan di KBRI dengan jadwal rutin dua kali dalam seminggu setiap Rabu dan Jumat, pukul 16.00.

Kelas tari virtual ini diikuti sekitar 10 orang peserta, baik anggota lama yang sebelumnya sudah pernah bergabung maupun peserta yang baru dan belum pernah belajar membawakan tarian Indonesia.

Kelas berlangsung cukup dinamis, meskipun tidak seleluasa pertemuan fisik seperti keterbatasan gerak dan fokus perhatian pelatih yang harus terbagi-bagi ke banyak layar. Namun kendala ini bisa diatasi dengan mempelajari ulang gerakan tari yang diajarkan melalui video rekaman yang disiapkan.

Selama kelas tari virtual berlangsung, selain dilakukan melalui aplikasi Zoom juga disiarkan langsung melalui media sosial seperti Facebook live, dengan tujuan selain pembelajaran ulang bagi pemateri maupun peserta tari dan juga sebagai bahan promosi kepada masyarakat umum bahwa KBRI Quito masih melakukan kegiatan kelas tari di tengah pandemi Covid-19.

Dengan adanya kelas tari secara virtual berharap bisa menginspirasi banyak pihak, meskipun dengan situasi yang terbatas dengan adanya pandemi Covid-19 masih tetap bisa melakukan kegiatan secara produktif dengan tetap berkreasi dan inovatif selama berada dirumah salah satunya kelas tari yang dilakukan oleh KBRI Quito. 

Selain itu agar KBRI Quito tetap memiliki resources yang diperlukan untuk berbagai kegiatan promosi Indonesia melalui seni budaya apabila situasi sudah lebih memungkinkan untuk menyelenggarakan kegiatan.

Selain kelas tari, KBRI Quito juga memiliki kelas gamelan yang sementara ini masih belum diaktifkan kembali namun diharapkan bisa dibuka kembali paska pandemi Covid-19.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar