Yamaha

Aturan Penyembelihan Kurban di Kota Bekasi

  Senin, 27 Juli 2020   Firda Puri Agustine
ilustrasi hewan kurban/ shutterstock

KOTA BEKASI, AYOJAKARTA.COM - Pemerintah Kota Bekasi mengeluarkan aturan tentang syarat penyelenggaraan penyembelihan hewan kurban di Kota Bekasi pada masa pandemi Covid-19.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi melalui surat edarannya, Senin (27/7/2020) menyatakan, ada tiga poin penting yang diatur, yakni penerapan jaga jarak sosial, kebersihan personel, serta kebersihan alat.

“Pertama, pemotongan hewan kurban dilakukan di area yang memungkinkan penerapan jarak fisik,” kata dia.

AYO BACA : Bupati Ogan Ilir Positif Covid-19, Tapi Gelar Jumpa Pers

Kedua, masih terkait penerapan jaga jarak, penyelenggara mengatur kepadatan di lokasi penyembelihan hanya dihadiri oleh panitia dan pihak yang berkurban.

Ketiga, pengaturan jarak antar panitia pada saat melakukan pemotongan, pengulitan, pencacahan, dan pengemasan daging. Terakhir, pendistribusian daging hewan kurban dilakukan oleh panitia ke rumah mustahik.

Selanjutnya mengenai kebersihan personel panitia meliputi pemeriksaan kesehatan awal yaitu melakukan pengukuran suhu tubuh di setiap pintu atau jalur masuk tempat penyembelihan dengan alat pengukur suhu oleh petugas.

AYO BACA : ASN Positif Covid-19 Kota Bekasi Berangsur Pulih

Lalu, panitia yang berada di area penyembelihan dan penanganan daging, tulang, serta jeroan harus dibedakan. Tak kalah penting, setiap panitia yang melakukan penyembelihan, pengulitan, pencacahan, pengemasan, dan pendistribusian daging hewan harus menggunakan masker, pakaian lengan panjang, dan sarung tangan selama di area penyembelihan.

“Panitia juga wajib menghindari berjabat tangan atau kontak langsung, serta memperhatikan etika batuk, bersin, dan meludah,” ujarnya.

Untuk sterilisasi alat, panitia harus melakukan pembersihan dan disinfeksi seluruh peralatan sebelum dan sesudah digunakan, serta membersihkan area dan peralatan setelah seluruh prosesi penyembelihan selesai dilaksanakan.

Terakhir, menerapkan sistem satu orang satu alat. Jika pada kondisi tertentu seorang panitia harus menggunakan alat lain maka harus dilakukan disinfeksi sebelum digunakan.

AYO BACA : Pegawai Terjangkit Covid-19, Pemkot Bekasi Gencar Disinfeksi Kantor

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar